Sunday, January 4, 2015

Resep Sambel Goreng Ati Ampela tanpa Santan ala maya kitchen

2 hari lalu komplek rmh ku cerah bgt matahari bersinar terang tp  udara tetap dingin dengan suhu 10 F tapi alhamdulillah matahari bersinar jadi bikin hati gw bersinar dan cemangad tuk terjun ke dapur ...hihihi ( ky nya nggak nyambung nya antara matahari dan dapur ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€) dan tadi di group emak2 Pkk Alaska happy bgt krn byk teman2 yang berhasil liat Aurora ( keren deh walau cuma liat hasil jepretan mereka tapi kereeen hbs ) jadi makin semangad aja buat ke dapur krn cahaya Aurora dan matahari bikin hati ge  bersinar dan menjadi rajin serta mood yang tinggi buat ngolah makanan...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€. Akibat dr sinar Aurora dan Matahari , pagi ini gw masak ampe 4 menu , keren kan ??? ( muji2 sendiri pdhl msh byk orang jg yang masak lbh dr gw ...hihihi ) tp bersyukur deh jarang2 gw masak byk serasa mau lebaran dan hajatan aja pdhl yang makan cuman berempat aja , hari ini gw masak : Gulai buncis tauco, sambel goreng ati ampela , semur bola bola  daging dan asinan buah , serasa mau lebaran deh , kebetulan masih punya lontong jadi pas bgt ama menu nya . Tapi kali ini gw nulis dulu resep sambel goreng ati ampela tanpa santan , kebetulan suami kurang begitu suka sama masakan bersantan katanya terlalu gurih dia sih favorit bgt sama yang netral tanpa santan jd kali ini gw masak sambel goreng nya nggak bersantan tp tetap eunak kok ( GR bgt ) dan yang pasti tahan lama krn nggak pake santan bisa buat persediaan bekal ke kantor deh jd gw bisa off ke dapur sekitar 3-4 hari krn udh byk menu ... Yuk qta mulai aja liat resepnya cekidot mungkin ada yang pingin coba . 



Sambel goreng ati ampela tanpa santan ala maya kitchen 
By: maya kitchen 


Bahannya : 

1 pak ati ayam ( kira2 ada 10 buah ) 
1/2 pak ampela ( kira2 5 buah ) 
3 buah kentang uk besar , potong dadu , goreng ,sisihkan 
5 biji petai ( boleh diskip kl tdk suka , aku pake buat aksesories aja ) 
1 batang serai , geprek 
3 lembar daun salam 
2 ruas jari lengkuas , geprek 
1-2 sdm gula putih 
Garam secukupnya 
1 sdt chicken powder ( optional aja ) 


Bumbu yang dihaluskan : 

5 buah bawang merah 
5 siung bawang putih
7 buah cabe merah 
1 sdt terasi goreng 


Caranya : 
1. Rebus ati ampela beri garam dan jahe agar tdk bau amis , masak sampai matang , setelah matang potong2 ati dan ampela sesuai selera lalu goreng sampai kulitnya terlihat kering tapi jgn kering bgt ntar keras ampelanya , kira2 aja . Angkat dan sisihkan .
2.  Tumis bumbu halus , lengkuas, sereh, daun salam sampai harum ( aku masak sekitar 5 menit spy bau cabe , bawang merah dan bawang putih tdk terasa lagi ) inti nya bumbu sudah matang . 
3. Setelah matang baru masukkan kentang goreng dan ati ampela aduk rata sampai bumbu tercampur rata beri garam dan gula cicipi rasa nya jika kurang bisa ditambah gula atau garam, matikan kompor lalu angkat dan sambel goreng siap tuk disajikan . 


Selamat mencoba . 

Ini hasil karyaku hari ini sambel goreng ati ampela tanpa santan by maya kitchen 
Sambel goreng ati ampela, gulai buncis tauco dan semur perkedel daging .. Yummy 

No comments:

Post a Comment