Monday, January 26, 2015

Resep Puding Cake Busa ala maya kitchen

Iseng aja sebenarnya bikin puding ini kemarin , kl inget puding ini jadi inget tempat kue diBandung yaitu Primarasa , kerjaan gw dulu itu jajan disitu sekedar buat beli siomay si kho2 , beli kue2 yang bentuk nya lucu2 dan yang pasti rasa nya enak dan salah satu jajan gw yaitu puding cake busa ini , kl dulu boro2 gw keniatan buat bikin sendiri soalnya gw punya pikiran ya ngapain jg bikin kue atau masak cape 2 kl masih byk restoran dan tukang kue bertebaran di kota tempat tinggal gw , cuman tinggal pilih aja bsk ke tmpt kue yang mana dan resto yang mana , kan simple nggak perlu cuci2 piring and blepotan tepung dll ( jgn ditiru nya gaya emak2 males ..hihihi) pokoknya gw tuh nggak pernah berkutat lama2 didapur hanya tuk mengolah suatu masakan kecuali masak tuk anak doang tiap harinya itu jg menu standar dan minimalis deh , tapi setelah pindah dan jauh dari tempat jajanan gaya gw berubah 360 derajat yang tadinya mood2 an kl ke dapur dan masak , nah sekarang dengan ridho dan iklas hrs terjun ke dapur buat bikin sesuatu yang istemewah tuk keluarga tercinta dan ternyata memasak itu asyik jg krn byk tantangan dan rasanya puas bgt bisa membuat sesuatu yang bikin happy keluarga, akhirnya sekarang memasak itu menjadi kewajiban dan wadah yang sangat mengasyikan tuk bereksperimen...walah jadi ngelantur kemana2 nie , qta kembali lagi pada judul nya deh . Puding cake busa ini ternyata tdk susah membuat nya hanya perlu kesabaran saja pada saat menyatukan cake dengan puding agar menempel satu sama lain dan gw nyakin buibu pasti bisa , tapi ada sedikit kekurangan dlm cake puding busa ini rasa nya ada yang kurang nendang , gw rasa dr coklat yang kurang byk dan lapisan bening nya yang kurang greget , lain kali gw perbaiki deh dari bahan2 nya , in shaa allah kpn 2 gw coba lg dengan bahan yang lbh lengkap . 



Cake puding busa ala maya kitchen 
By: maya kitchen 


Bahan tuk membuat cake : 

3 butir telur seutuhnya 
85 gram gula putih halus 
1 sdt tbm 
1/2 sdt baking powder 
50 gram butter , cairkan 
50 gram tepung terigu , all porpuse 
25 gram coklat bubuk 

Caranya 

1. Kocok telur , gula dan elmusifier ( tbm , sp , vx ) sampai mengembang kemudian matikan mixer lalu masukkan campuran tepung , coklat dan baking powder yang sudah diayak lalu aduk rata dengan spatula setelah tercampur rata baru masukkan butter cair sedikit 2 , aduk dengan cara dari bawah agar tdk ada butter yang menempel  didasar adonan lakukan sampai cairan butter habis . 
2. Olesi loyang kotak uk. 18"18"7 dengan margarine lalu alasi dengan kertas roti yang diolesi lagi dengan margarine , kemudian masukkan adonan cake ke dlm loyang , sisihkan . 
3. Panaskan loyang sekitar 374 F atau 190 celcius , panggang atau bakar cake selama 20-25 mnt ( tergantung oven masing2 nya ) test tusuk jika adonan sudah tdk menempel pada tusuk sate ( aku pake tusuk sate tuk test tusuknya ) berarti kue sdh matang angkat , dinginkan , sisihkan . 

Puding Busa coklat, lapisan ke 2 
Bahannya : 
1 bungkus agar2 putih 
25 gram coklat bubuk 
85 gram coklat pekat ( batangan ) , iris halus kl lb byk coklat lbh eunak . 
400 ml susu cair ( Uht ) 
3 putih telur ( 90 gram kira2 ) 
100 gram gula putih 

Caranya : 
1. Kocok putih telur sampai soft peak dengan speed tinggi pada mixer , sisihkan 
2. Campur agar2 , gula , coklat bubuk , susu cair masak sampai mendidih setelah itu masukkan coklat batangan yang sudah diiris aduk biarkan coklat mencair , aduk2 rata lalu angkat biarkan uap panasnya hilang ( aku pake bantuan kipas angin ) setelah itu  campur sedikit2 adonan agar2 coklat dengan putih telur yang sudah dikocok kaku aduk rata , lakukan sampai adonan habis nah jika sudah tercampur rata , sisihkan . 

Agar2 bening nya tuk lapisan ke 3 
Bahannya : 

1 bungkus agar 2 warna merah ( terserah saja mau pake warna apa ) 
150 gram gula 
750 ml air 

Caranya : 
Campur agar agar , gula putih dan air , masak sampai mendidih , angkat ( jika  blm mau dipakai krn puding kedua blm terlalu membal / keras permukaan nya   agar 2  bisa tetap diatas kompor dgn  kecilkan api nya supaya agar2 tetap cair  ) . 



Penyelesainnya : 

Susun cake yang tadi sudah dibuat kedlm loyang / pyrex , kmdn banjur dengan puding busa yang tadi qta buat biarkan permukaan adonan puding busa sedikit keras ( jika disentuh dgn jari tangan tdk menempel lg tapi bawahnya tetap masih lembek ) tahap terakhir setelah puding busa sdkt mengeras baru banjur kembali permukaannya dengan puding bening tuk lapisan ke 3 nya dengan 1 sdm  sayur perlahan2 agar tdk jebol  ( bendungan kali jebol 😊😊) . Lakukan sampai adonan bening habis , biarkan puding cake busa mengeras llau masukkan ke dlm lemari pendingin . Dan puding cake busa siap tuk dinikmati sebagai dessert . 

Selamat mencoba . 

Nah spt ini Puding cake busa ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment