Friday, January 9, 2015

Resep Zebra Cake ala Maya kitchen

PHari jumat tgl 9 januari 2015 ini , tadi pagi pas mau pergi exercise tiba2 perut ku sakit melilit bgt dan nie perut nggak bisa diajak kompromi , sakit bgt pdhl gw udh siap tuk pergi akhirnya gw batalin aja deh daripada nanti makin sakit menjadi2 lbh baik dirumah aja , nggak tahu nie perut kl kena dingin otomatis pasti sakit melilit , gara2 nya tadi pagi minum susu dingin ( emang nggak biasa minum susu yang dingin otomatis perut nya berdendang deh .. 😂) maaf jadi curhat . Setelah beberapa jam dari kejadian tadi , alhamdulillah perut ku sdh mulai membaik dan udh tdk melilit2 lagi, setelah perut udh bisa diajak kompromi akhirnya gw turun ke dapur aja deh biar badan anget , untuk menghangatkan tubuh gw berniat buat bikin cake yang udah lama banget pingin gw uji coba cara pembuatannya krn ada sdkt tantangan , kl pengolahan nya sebenarnya biasa aja hanya gw penasaran sama tuh kue gimana bisa seperti zebra akhirnya gw coba liat di you tube cara nya lumayan jg rada ribet karna diperlukan kesabaran dalam rangkaian belang2 ala zebra nya , kali ini cake zebra yang gw bikin  blm terlalu sukses krn motif zebra nya blm sempurna tapi rasa cake nya eunak tapi lumayan deh akhirnya penasaran gw bisa terselesaikan kapan 2 tuk menyempurnakan motif nya gw coba lagi deh dan gula yang gw pake jg akan gw kurangi karna rasa cake yang ini terlalu manis , yuk deh qta mulai aja , oh iya gw nyontek resepnya dr mba hesti kitchen ( makasih nya mba udh share resepnya ) . Cekidot qta mulai aja ......( mnrt suami dan anak2 katanya nggak manis bgt , cukup rasa manis nya ) satu lagi cake ini lembut .  



Cake Zebra ala maya kitchen 
Sumber : Hesty kitchen 
Disandur dan praktek : maya kitchen 


Bahannya : 

225 gram butter / margarine ( aku pake 227 gram butter / 1 kotak ) 
200 gram gula putih ( kpn2 aku pake 150 gram aja ) 
1 sdt baking powder 
1/2 sdt vanili bubuk 
2 sdm coklat bubuk 
300 gram tepung terigu serba guna ( all porpuse ) 
4 butir telur ( 2 kuning telur dan 2 telur utuh ) 
1/2 kaleng susu kental manis + air sampai penuh di kaleng susu nya ( air  campur jadi satu dlm kaleng susunya ) 
  



Caranya : 

1. Kocok butter/ margarine dengan gula , vanili sampai lembut dan mengembang . ( speed tinggi mixer) 
2. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu dan telur utuh nya kocok rata ( sy pake speed tinggi) 
3. Setelah tercampur rata baru masukkan tepung terigu yang sudah di ayak dengan baking powder , kocok kembali tapi dengan speed rendah nya ( pd saat masukkin tepung speed sdh dlm posisi rendah nya ) kocok sampai tercampur rata . 
4. Terakhir masukkan susu kental manis yang sudah dicampur air lalu kocok sampai rata dgn speed tinggi. Matikan mixer 
5. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian lalu beri salah satu adonan dengan 2 sdm coklat bubuk aduk rata ( aku setiap bagian adonan berat nya 550 gram ) lalu masukkan kedlm ziplok setiap adonan nya , sisihkan . 
6. Ambil loyang bulat uk. 20 cm kmdn olesi dengan margarine beri tepung sedikit kmdn masukkan adonan berselang seling dimulai dr tengah loyang nya , lakukan sampai adonan habis . 
7. Panaskan oven dengan suhu 180 celcius atau 356 F , bakar / panggang cake zebra selama 46-50 menit ( tergantung oven masing2 ) , lakukan test tusuk , angkat dan cake zebra siap tuk dinikmati sebagai teman minum teh hangat atau susu coklat . 


Selamat mencoba . 


Nah ini adonan yg sy bagi dua ( masing2 500 gram ) 
Ini hasil cake nya fresh oven .. Sedaap deh 


Ini hasil karyaku hari ini zebra cake .. 

No comments:

Post a Comment