Thursday, January 15, 2015

Resep Tongseng Praktis ala maya kitchen

Udah beberapa hari nie blog nggak pernah gw sentuh hbs gw lagi sibuk acara lunch kharatis bareng teman2 jadi muales deh buat nulis, tapi kmrn sebelum acara lunch gw dapat request  dari suami tuk dibikinin tongseng tapi jangan yang kambing ...siaplah mas hal yang mudah untuk bikinnya dan yang bikin hati senang tumben suami request makanan pdhl kl ditawarin gw mau makan apa dia selalu bilang terserah aja , maka nya kmrn bikin special tongseng ( mnrt gw special ) tapi yang praktis dan cepat nggak perlu cape hrs uleg2 segala yang penting rasa nya sedaap dan cocok buat suami , gw inget bgt dia paling suka tongseng yang ada di pasar minggu tapi memang enak sih tuh tongseng apalagi sate kambing nya wah muantap bgt . Buibu yang lagi ketiban males ky saya bisa kok bikin tongseng ini karna gampang bgt nggak perlu repot yang penting bahan tersedia itu saja . Yuk deh qta mulai aja memasak ...cekidot . Tongseng ini serasa makan tongseng diyogya karna rasa nya hampir sama jadi bisa buat tombo kangen deh . 



Tongseng sapi ala maya kitchen 
Sumber : maya kitchen 


Bahannya : 


1 bungkus bumbu gule ( gw pake merk bambu , terserah buibu saja pake merk apa ) 
350 gram daging sapi. Potong seukuran tongseng . 
800 ml air untuk merebus daging 
300 ml santan encer 

Bumbu tambahan untuk Tongseng 

7 butir bawang merah, iris tipis , goreng dan sisihkan 
6 siung bawang putih, iris tipis 
4 buah cabe rawit , potong jadi 3 bagian 
1/4 kol , iris kasar 
2 batang daunbawang , iris kasar 
1 buah tomat merah  , bagi 8 
Garam secukupnya 
Gula secukupnya 
5 sdm kecap manis 

Cara membuatnya : 
1. Tumis bawang putih kmdn masukkan bumbu gule masak sampai harum , baru masukkan daging masak sampai berubah warna lalu beri air masak sampai daging matang dan air / kuah  menyusut lalu  masukkan santan encer  masak sampai mendidih setelah itu baru masukkan kol masak sampai sayuran layu , test rasa jika ada yang kurang bumbu nya tambahkan sesuai selera , baru terakhir masukkan cabe rawit dan tomat serta daun bawang , aduk sebentar kmdn angkat dan tongseng siap tuk dinikmati . Sajikan dengan nasi hangat .... Hmhmh yummy . 



Selamat mencoba 

Yang sempat di foto .. Tongseng nya sdkt lg 😊😊

No comments:

Post a Comment