Saturday, January 24, 2015

Resep Sambel Terasi ala may kitchen

Dingin2 gini sebenarnya enak nya makan yang berkuah dan hangat , kebetulan kemarin gw habis bikin rawon dan tuh rawon baru enak dimakan kl sudah di inapkan semalam ( kesannya ky di rumah sakit pake di inapkan 😀😀) nah temannya rawon ini paling cocok dimakan sama sambel terasi so pasti tambah muantap bin sedaaap deh , gw dsini nggak akan nulis resep rawon nya tapi yang mau gw tulis sambel terasi nya ,udah lama jg gw nggak pernah bikin sambel terasi habis kl bikin bisa awet bgt soalnya yang doyan cuman aqyu . Sambel terasi ini seperti nya khas masakan orang sunda karna setiap di resto 2 sunda atau dirumah makan pasti selalu tersedia yang namanya sambel terasi plus ikan asin , menu sederhana tapi bikin nikmat luar dalam ...hihihi . Gw paling suka sambel terasi buatan nyokap wah eunak bgt deh ( bkn promosi lho ) sambel nya selalu bikin kangen apalagi kl di sajikan bersama sayur asem, ikan teri kacang , ayam goreng plus lalapan wah bikin diet gatot deh habis pingin nambah terus . Sebenarnya sambel terasi enak atau tidak itu tergantung dari kwalitas terasi nya semakin bagus terasi nya semakin sedap rasa nya walau gw nggak bisa nyambel seenak nyokap tapi kl pake terasi yang enak ,sambel buatan gw jadi lbh sedap hampir mirip nyokap deh  mnrt penilaian gw sih ...terasi yang enak mnrt gw itu terasi bangka dan terasi cirebon  recomended deh , tapi kl mau jujur tetap terasi bangka yang paling yahuuuud ( bkn promosi lho ) . Gw kan sering dpt terasi dr ade ipar di bangka dan tante yang di cirebon jadi bisa beda2 in deh . Ky nya gw kelamaan cerita nya lbh baik qta mulai aja dengan resep nya ....yuk mari . Siapa tahu ada yang pingin buat sambel terasi ( walau gw tahu semua pasti bisa ) tapi nggak ada salah nya gw tulisin . 



Sambel terasi ala maya kitchen 
Sumber : maya kitchen 


Bahannya : 
 

5 siung bawang merah , potong kecil2 
4 siung bawang putih , bagi 2 
3 buah cabe merah besar 
10 buah cabe rawit merah ( bisa dikurangi atau di tambah tergantung selera pedasnya saja ) 
2 sdt terasi bangka  ( bebas terasi nya apa aja ) 
Garam secukupnya 
1/2 sdm gula merah 
1 buah tomat merah 

Caranya : 

Goreng semua bahan ( kecuali  gula merah dan garam ) biarkan semua bahan layu , kl sudah layu angkat simpan dlm cowet beri garam , uleg jgn terlalu lembut nya sdkt kasar , beri gula merah uleg kembali sampai gula tercampur rata , cicipi rasa , sambel terasi siap tuk dinikmati bersama ayam bakar , ikan bakar , ikan asin , sayur asem plus nasi hangat ......hmhmhm yummy yummy . 


Selamat mencoba . 

Nah ini sambel terasi versi maya kitchen .. Sorry gw foto sama cowet nya 😊😊

No comments:

Post a Comment