Saturday, January 3, 2015

Resep Batagor dan Siomay K' ingsley Wanabe ala maya kitchen

Hari ini gw lagi pingin batagor dan yang gw kangenin itu batagor kingsley yang ada di Bandung , aduh ampe ngeces kl ngebayangin tuh batagor , walau sebenarnya gw bkn favorit batagor itu sih tapi tiba2 aja kepingin dan terlintas dalam pikiran pingin bgt batagor kingsley ( serasa ngidam aja ...hihihi ) . Ujung2 nya kl di LN pingin sesuatu otomatis kudu ngoprek2 didapur pdhl pinginnya lgs ada (  kl ada yang jual pasti lgs gw pesan deh , di sini kl pesan di state lain nunggu nya ampe berhari2 otomatis udh ilang rasa pinginnya ...hihihi , kl ngidam bisa repot nie ) ya daripada nunggu yang tdk mungkin jadi terpaksa jg turun ke dapur buat ngoprek 2 ilmu orang lain tuk merealisasikan nie makanan . Untung nya kemarin gw beli ikan Swai jadi bisa gw realisasikan buat bikin batagor dll trs pas gw liat di freezer msh ada sisa ayam sdkt lumayan gw campur aja deh biar tuh batagor ada rasa2 nya hbs ikan disini tuh hambar nggak ada rasa, niat gw adalah bikin batagor kingsley wanabe deh  habis kl mau pake msg nggak terlalu suka jadi ambil bumbu standar aja deh rasa gurih bisa di ambil dari garam dan gula aja ...

Ternyata setelah gw eksekusi adonan dan menjadi batagor kingsley wanabe , eunak ternyata walau tanpa msg dan gw bikin kali ini tanpa pake labu siam ( kebetulan kagak punya ) dan hasilnya tetap kenyal, lembut dan empuk , pokoknya buibu kl mau coba pake resep ini dijamin cocok deh ... Aku pake ikan Swai krn di Alaska tdk ada ikan tenggiri jadi intinya pake ikan apapun bisa asal berwarna putih aja ...yuk deh qta mulai aja cara dan bahannya ..




Batagor kingsley wanabe ala maya kitchen 
By: maya kitchen 

Bahannya : 

400 gram ikan Swai fillet ( pangasius ) 
100 gram daging ayam 
150 gram tepung tapioka 
75 gram tepung terigu === perbandingan tapioka  dan terigu  2:1 
2 butir telur , kocok lepas 
1 sdt garam 
1 sdt merica bubuk 
 11/2 sdm minyak wijen 
1 bawang merah besar ( shallot , kl yang kecil pake 7 siung ) , potong kecil 2 
6 siung bawang putih , iris tipis 
1 bungkus kulit wotton 
3 batang daun bawang , iris halus 
2 sdm gula putih 
1 kotak tahu putih , potong diagonal jadi 8 bagian 

Caranya : 

1.  Haluskan ikan swai dan ayam dalam food procesor sampai halus . 
2. Setelah itu masukkan bawang merah , bawang putih , giling lagi sampai kedua bawang tercampur rata dan halus . 
3. Lalu masukkan bumbu ( merica, garam , minyak wijen , gula putih ) dan telur kocok , giling kembali sampai tercampur rata . 
4. Terakhir masukkan tepung tapioka dan terigu lalu giling lagi , cukup giling sampai tercampur rata saja jadi tdk perlu terlalu lama gilingnya . Matikan food precesor kmdn pindahkan adonan kedlm bowl . 
5. Setelah itu adonan beri irisan daun bawang.  Aduk rata . 
6 . Ambil selembar kulit wotton isi dengan adonan bentuk  siomay ( sy membuat siomay nya sekitar 10 buah aja , sisa nya saya pake tahu yang saya kerok dulu tengahnya kmdn baru sy isi pake adonan , saya buat batagor nya sekitar 8 buah , kmdn saya buat pangsit goreng dan siomay goreng sisa adonannya ) lakukan sampai adonan habis . 
7. Kukus siomay sekitar 20 menit , angkat , sisihkan 
8. Untuk batagor , siomay goreng dan pangsit goreng , panaskan minyak dalam wajan beri minyak yang byk agar batagor , siomay dan pangsit terendam minyak pd saat di goreng , goreng sampai batagor, siomay dan pangsit matang dan berwarna kuning kecoklatan , angkat dan simpan dalam wadah dan batagor kingsley wanabe siap tuk dinikmati bersama saos kacang ...hmhmhm yummmy bgt



Note : untuk siomay goreng ambil selembar kulit wotton lalu beri 1 sdt adonan batagor lgs goreng dlm minyak panas ( tdk perlu dibentuk nya nanti jg pas di wajan akan  mengkerut sendiri ) . 


 Bahan Sambel kacang ( saos kacang ) : 

200 gram kacang tanah ( sisa kacang yg ada di rmh ) 
4 cabe merah kecil ( kl mau pedas boleh ditambah lg ) 
5 siung bawang putih kecil 
50 gram gula merah ( bisa dikurangi jika tdk suka manis ) 
3 sdm saos tomat 
2 sdm saos cabe 
Garam secukupnya 
5 lembar daun jeruk 
750 ml air 

Pelengkapnya : 
Jeruk limo / jeruk nipis / lemon 

Caranya : 

1. Goreng kacang tanah , cabe rawit merah dan bawang putih , angkat dan sisihkan 
2. Blender kacang tanah , cabe rawit dan bawang putih ( jgn terlalu halus biar ada kesan kasar2 dr kacang nya , tp kl mau halus jg boleh tergantung selera aja ) 
3. Setelah kacang halus pindahkan kedlm panci kmdn beri saos tomat, saos sambel ,daun jeruk ,  gula merah dan garam , aduk rata baru beri air kmdn masak dengan api sedang sampai mendidih setelah mendidih kecilkan api biarkan bumbu kacang kental dan berminyak , setelah berminyak angkat dan saos kacang siap tuk dinikmati sebagai teman batagor . 


Selamat mencoba . 

Nie batagor kingsley wanabe ala maya kitchen ... Yummy 
Ini siomay dan saos kacang tuk batagor dll 


Nah ini batagor kingsley wanabe yg siap tuk dinikmati ... Hmhmh puas deh akhirnya kangenku tuk batagor terbayar sudah .. 😊

No comments:

Post a Comment