Friday, January 2, 2015

Resep Homemade meat ball ala maya kitchen

Perasaan gw udh sering bgt nulis tentang pembuatan bakso dari berbagai versi.  Maklum gw seneng banget nyoba resep bakso dari berbagai versi , kayanya menantang aja buat nyoba2 pembuatan bakso, karna gw pingin tahu bakso tanpa obat pengenyal itu bisa kenyal dan keras nggak dan tanpa bantuan putih telur bisa tercapai bakso yang enak, kenyal dan membal nggak ? Makanya gw trs uji coba dan sekalian pingin dapat rasa bakso yang sempurna seperti bakso ditoko2 walau tanpa pengenyal jg tapi bakso bisa kenyal , membal , lembut dan enak jadi gw masih suka nambah2 bumbu serta memodifikasi bakso tuk hasil yang memuaskan bgt dan gw pingin coba bakso dr berbagai macam bagian daging sapi krn gw masih penasaran ama bakso2 toko yang terasa gurih apa mereka pake MSG nya spy didapat rasa bakso yang lezat . Tp untuk saat ini gw msh setia pake ground beef dulu aja , kemungkinan nanti stlh di negara sendiri baru coba pake beberapa bagian daging sapi.  Kali ini bakso yg gw bikin enak , kenyal  dan membal walau tanpa putih telur tetap didapat bakso yg kenyal dan rasanya mnrt para pencicip enak sih ...yuk deh qta mulai aja resepnya dan caranya . 


Homemade meat ball ala maya kitchen 
By: maya kitchen 

Bahannya : 
1 bungkus daging cincang ( 454 gram ) 
100 gram tapioka 
1 sdt garam 
1 sdt merica bubuk 
1 sdm  bawang putih , haluskan ( kurleb 5 siung bawang putih, haluskan ) 
1 sdm  bawang putih goreng 
1/4 sdt baking powder 
350 ml air es + es batu ( 200 ml es batu + 150 air es ) 
1 sdt gula putih 


Caranya : 

1. Masukkan daging cincang kedlm food procesor , giling sekitar 2 mnt . 
2. Kmdn masukkan tepung tapioka kedlm food procesor bersama daging , giling kembali  sampai tepung tercampur rata dgn daging . 
3. Setelah daging dan tepung tercampur masukkan bumbu ( garam , merica, gula putih, bawang putih halus dan bawang putih goreng , baking powder )  giling kembali sampai bumbu tercampur rata . 
4. Terakhir masukkan es batu dan air es kedlm food procesor giling kembali sampai es batu hancur dan tercampur dgn daging dll. Setelah itu matikan food procesor dan pindahkan adonan kedlm wadah lainnya . 
5. Masak air dlm panci dengan api paling besar sampai mendidih , setelah air mendidih kecilkan api dlm tingkat api sedang , setelah itu ambil segenggam adonan kmdn tekan tekan diantara ibu jari dan jari telunjuk maka akan keluar pentol bakso bulat kmdn ambil pentol bakso dengan sendok dan masukkan kedlm air yang tadi direbus , lakukan sampai adonan habis , biarkan bakso mengapung ( tanda bakso matang ) setelah bakso mengapung semua , masak sekitar 5 mnt tuk mematangkan bakso nya . Angkat dan dinginkan . Bakso siap tuk dinikmati . 

Selamat mencoba 



Ini hasil karya ku .. Bakso and bakso lg 

No comments:

Post a Comment