Sunday, October 12, 2014

Resep Baklava ala maya kitchen

Baru kali ini gw tahu nama nie kue , pas kebetulan lg main ke swalayan dan ada yg jual nie kue , gw waktu itu cuman inget bentuk dan rasa nya tapi nggak tahu namanya . Ceritanya udah lama banget gw pingin bikin nie kue karna rasanya yang manis dan kruncy pokoknya bikin mulut nggak brenti makan krn pingin nyomot lagi , makan satu kurang deh . Pertama kali makan ini kue dikasih coachnya ade waktu natal tahun lalu dan bikin gw super ketagihan cuman waktu itu kue yang dikasih masih terasa basah karna siraman karamel dan rasa cinnamon yang sangat wangi serta ada rasa lemon zest nya dan ada rasa asin dr kacang2an serta rasa gurih  dr dough nya pokoknya sedaap bgt .dalam setahun itu gw cari nama tuh kue dan nggak ketemu ampe google setiap saat tapi nggak ketemu dan baru kemarin deh ketemu dan ternyata namanya Baklava , makanan ini ternyata berasal dr Turki . Dan cara bikinnya jg gampang banget nggak perlu kocok2 pokoknya sangat simple ( apalagi buat gw yang lg muales kocok mengocok adonan ) nah resepnya aku dapat dr berbagai sumber di mr google trs gw padu padankan dengan trik gw , ternyata hasilnya tidak mengecewakan rasa nya sama dengan yang waktu dikasih coachnya ade . Ayo qta mulai buat buibu dan teman 2 semua gw nyakin semua pasti bisa dan tdk akan gagal . 



Bahannya : 
 By : maya kitchen 
1 dus fillo dough ( aku cuman pake 1 plastik aja krn didlm satu dus ada 2 bungkus plastik dough ) 
1 cup gula putih / sugar 
1/2 cup madu / honey 
1 cup butter , cairkan / melted 
1 sdt cinnamon powder 
1 cup air / water 
2 cup mixs nut ( almond, walnut, pecan , picashio ) , panggang sebentar kl blm matang , aku pake yang udh matang, cicang kasar aku tadi pake chooper . 


Cara membuat syrup gula 

Campur gula putih dengan air lalu masak sampai mendidih setelah itu kecilkan api lalu masukkan madu dan parutan lemon dan vanilli , aduk 2 sampai cairan syrup mengental kmdn matikan kompor , sisihkan . 

Caranya / how to make : 

1. Panaskan oven dengan suhu 356  f atau 180 celcius. 
2 olesi loyang dengan margarine asal saja tdk perlu tebal . 
3 . Ambil 1 gulungan folli dough kemudian ukur sesuai lebar dan panjang nya loyang  jika perlu dipotong krn disesuaikan dengan besar nya loyang .
4. Ambil bowl lalu masukkan campuran kacang2 an dengan cinnamon powder , sisihkan . 
5.kmdn ambil loyang lalu simpan 1 lapis folli daugh olesi dengan butter lalu lapis lagi dengan folli dough lakukan sampai 4 lapis setiap lapis harus selalu di olesi butter pinggir2 dough nya lalu taburi campuran kacang cincang kmdn tutup kembali dengan 4 lapis folli dough lalu beri lagi campuran kacang baru tutup lagi 4 lapis lagi kemudian potong sesuai selera saja masih dalam keadaan mentahnya motingnya 
6. Masukkan baklava kedlm oven panggang sampai kuning kecoklatan kurang lbh 30 mnt . Angkat . 
7. kmdn masih dalam keadaan panas siram baklava dengan syrup gula yang tadi dibuat . ( aku bikin kue ini dapat 2 loyang karna folli dough nya masih sisa byk) setelah disiram syrup gula panggang kembali sebentar sekitar 5 menit setelah itu baklava siap tuk dinikmati sebagai cemilan sore2 atau sebagai sarapan pagi . 


Selamat mencoba . 

Nah ini yang namanya Baklava .. Kriuk2 bgt bentuk segitiga 
Yang ini bentuk persegi 
Ini merk dough yg buat Baklava 

No comments:

Post a Comment