Friday, October 10, 2014

Resep kue Carabikang

Kue jadul ini sebenarnya udah lama banget pingin gw eksekusi tapi selalu lupa krn bertumpuk dengan resep2 yang aku pingin coba , kue ini bikin penasaran karna bisa mekar seperti bunga matahari ( ngarang bgt nya gw 😊😊) tapi aku senang liat bentuk dan warna kue ini apalagi kl lagi memperhatikan abang 2 yang jualan kue ini rasanya senang bgt liat cara bikinnya . Kebetulan hari ini aku berniat banget pingin bikin nie kue pingin melunaskan rasa penasaran aja sebenarnya pertama bikin bingung jg gimana cara spy kue bisa mekar,  tapi akhirnya aku punya trik nya spy kue mekar walau aku tdk punya cetakan carabikang . Kmrn aku pake cetakan kue lumpur dan supaya menjadi mekar setelah matang aku gunting setiap ujung kue nya lalu aku tekuk ke belakang spy mekar ternyata cara ini berhasil dan menjadikan kue mekar cantik ...oh iya kue ini merupakan jajanan pasar yang lumayan digemari biasanya tuk acara arisan atau snack box .carabikang ini eunak karna ada rasa gurih dari santan dan wangi daun pandan . Yuk buat para sahabat dan teman2 ku dimanapun berada ayo qta bikin kue ini siapa tahu lg ada yg kangen ...resep ini aku ambil dr mba google . 

Carabikang 
Bahannya : 
250 gram tepung beras 
75 gram tepung terigu 
1 sdm munjung tepung tapioca 
200 gram gula pasir 
1 butir telur kocok lepas 
1 sdt baking soda 
900 ml santan ( gw pake 600 ml santan instan + 300 ml air )
1 lembar daun pandan 
3 lembar daun jeruk 
Garam secukupnya 
1/2 sdt vanili 
Pewarna makanan ( hijau , pink ) 


Cara membuat :
1. Ambil 3 sdm tepung beras. Sisihkan di bowl 
2. Campur tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka dan gula putih dalam bowl yang besar , sisihkan . 
3. Ambil 200 ml santan  dan 3 sdm tepung beras  yang tadi dan garam, aduk rata beri daun jeruk, daun pandan , vanili , kmdn masak sampai adonan kental dan meletup2 dengan api sedang . Matikan kompor , angkat dan sisihkan 
4. Pada adonan no 3 masih dalam keadaan panas2 masukkan adonan kedlm campuran tepung beras, terigu, tapioka dan gula putih aduk rata , lalu masukkan sisa air santan ( 700 ml santan ) aduk sampai adonan licin dan tdk bergerindil ( sebaiknya sdkt2 dulu memasukkan santan nya ) setelah adonan licin baru masukkan kocokan telyr, baking soda , aduk rata kembali dengan spatula atau whisk 5. Kemudiankan adonan kurang lebih 2 jam . 
6 setelah 2 jam bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata ( gw warna. Pink, hijau dan putih ) 
7. Panaskan cetakan kue lumpur dengan api sedang olesi cetakan dengan minyak tipis tipis saja . 
8. Lalu isi  2/3 cetakan dengan adonan ( gw adonan putih dulu lalu diatas nya aku beri 1 sdm adonan pink dan hijau ) biarkan adonan sampai betlubang2 dan kering atasnya lalu olesi dengan minyak / margarine adonan spy tdk kering , angkat setelah adonan tdk becek lg alias kering dan bawah nya coklat . 
9. Untuk membuat mekar seperti bunga ambil satu buah carabikang lalu gunting2 sekelilingnya kmdn balikkan kue dan tekan2 maka akan didapat bentuk bunga yang cantik . 
10. Kue siap tuk dinikmati dengan secangkir teh hangat atau  kopi susu . 


Selamat mencoba . 


Notes : panas kompor harus merata biar matang nya bareng , sebaiknya dibawah nya dialasi dengan loyang yang tdk terpakai agar api kompor tdk langsung terkena pada cetakan . 


Ini nie hasil penasaran ku .. Akhirnya sukses jg 😊😊

No comments:

Post a Comment