Monday, October 27, 2014

Resep ayam goreng krispy ala Korea by maya kitchen

Hari ini rada 2 bingung mau masak apa gitu , seperti nya belum ada ide yang nyangkut di pikiran. Padahal bahan2 sdh aku keluarin seperti ayam, ikan tapi kok tumben nie ide males nongol dipermukaan...berhubung bahan bahan sudah aku keluarkan dengan rasa muales dan tdk bergairah gw tetap harus menyajikan satu menu yang disukai keluarga , lagi nunggu ide sambil nonton film korea  tiba2 aja tanpa sengaja gw kepikiran sama salah satu menu masakan di resto korea yaitu ayam goreng yang rasa nya eunak ( mnrt gw sih ) dan itu ayam walau udah  dibumbui  tetap  crunchy  dan crispy bgt ada rasa pedas, manis , dan kriuk2 gitu , penasaran gimana cara buat nya ( sambil garuk2 kepala  pdhl kagak ketombean sih ..😀😀😀) mulai deh gw menghayal rasa dan bumbu yang digunakan dengan hayalan tingkat dewa tea dan mencoba formula yang kira2 tepat dan sama dengan rasa ayam goreng yang pernah gw makan diresto Korea . Alhasil rasa ayam goreng ala korea ini benar2 yahud nggak rugi deh gw bikin dengan ilmu coba2 ( beneran eunak bgt , bkn promosi tapi beneran 😀😀) buibu dan teman2 patut mencobanya , menu ini bisa menjadi favorit anak2 karna bisa dimakan tanpa nasi atau dengan nasi hangat yang pulen pasti bakal nambah terus oh iya ayam goreng ini tdk pedas walau memakai cabe , karna aku pake cabe kering yang aku buang biji nya istilah aku cabe nya hanya sebagai variasi saja biar tuh ayam keliatan sedaaap dan ternyata sedaaaaaap bin makyus ...hihihi. Nie aku jebrengin resep nya sapa tahu ada yang berminat buat mencoba tuk bekal suami dan anak tercinta . Jadi ada olahan ayam yang lainnya selain ayam goreng tepung ....




Ayam goreng crispy ala korea 
Sumber : maya kitchen 

Bahannya 

1/2 kg chicken wing ( sayap ayam , ini aku potong tinggi jd sisa sayap yang kecil bisa dibuat sup ) 
1 sdm merica bubuk hitam 
1 sdt garam 
1 sdm jahe , cincang 
Tepung kentang ( potato strach / boleh jg pake tepung maizena / corn strach ) 
Minyak goreng 
=======aduk ayam bersama merica , garam dan jahe, sisihkan . 
======= setelah ayam dibumbui lalu ambil bowl / wadah lain lalu masukkan tepung kentang sekitar 2/3 cup kmdn lumuri ayam satu persatu dengan tepung kentang , lakukan sampai habis , sisihkan . ( jika kurang tepung bisa ditambahkan sampai ayam terbalur tepung semua )
======== Panaskan wajan beri minyak banyak lalu goreng ayam 1/2 matang ( karna aku melakukan 2 kali penggorengan biar di dapat hasil yang benar2 crunchy dan crispy ) ( dalam menggoreng ayam yang pertama aku memasukkan nya separo bagian dulu ayam yang digoreng agar tidak leket ayam yang satu dengan yang lainnya ), lakukan  sampai ayam habis . 
========= dalam wajan yang masih panas lalu goreng kembali semua ayam masak sampai ayam berwarna kuning kecoklatan ( awas hangus ) kmdn angkat dan sisihkan . 


Cara membuat  sauce nya 
 Bahan : 

6 buah bawang putih , cincang halus 
1/2 corn syrup 
1 sdt mustard 
1 sdm brown sugar 
Cabe merah kering secukupnya , potong kecil2 buang biji nya .
1/4  cup soy sauce 
5 sdm minyak goreng 

Taburannya : 

Biji wijen secukupnya 
2 batang daun bawang yg hijau nya saja , iris halus . 

Caranya : 


 Panaskan wajan beri 5 sdm minyak goreng , lalu tumis bawang putih sampai harum trs masukkan irisan cabe kering aduk rata , kmdn masukkan soy sauce aduk kembali , beri corn syrup aduk lg , masukkan lg mustard , dan brown sugar aduk 2 , besar kan apinya , masak sauce sampai kental sesudah kental baru masukkan ayam goreng yang tadi sudah digoreng lalu aduk rata sampai sauce nya menempel pada ayam ( kecilkan api spy tdk gosong ) ,cicipi rasanya jika sdh pas , matikan kompor , angkat dan simpan ayam dalam wadah/ piring saji   , beri taburan  irisan daun bawang dan biji wijen . Ayam siap di santap dengan nasi hangat atau sebagai menu cemilan . 




Selamat mencoba 

Nah ini hasil uprek2 didapur ... Yummy bgt . 

Gampang buat nya tanpa ribet dijamin disukai seluruh keluarga 
Nah ini bumbu tuk sauce nya . 

No comments:

Post a Comment