Wednesday, October 29, 2014

Resep Soes ala maya kitchen

QKali ini gw penasaran sama soes buatan teman gw , soesnya itu kulitnya lembut trs vla nya jg eunak nggak bikin eneg , penasaran banget tapi mau tanya resep nya tengsin bgt jadi sampe kemarin akhir nya berkutat di depan laptop tuk mencari2 resep yang benar2 pas banget tapi yang gw baca semua sama yaitu soes klasik dan vla nya seperti itu aja  dan itu semua pernah gw coba dan sampai kemarin gw belum dapat  formula yang benar2 cocok ama buatan teman gw , akhir nya tadi pagi dengan modal nekat gw cobain merombak formula yang ada di google , walau sebenar nya deg2 an jg sih apa bisa sama atau tdk , dan alhamdulillah ternyata hasilnya pas dengan yang teman gw suka bawa dan kata anak gw yang gede soes yang ini rasa nya eunak , tdk manis bgt  dan kulit soes nya lembut tdk kering seperti biasa nya pokoknya bikin lidah bergoyang deh ( promosi judul nya ) dari beberapa kali bikin soes , resep yang ini yang mnrt ku paling sedaaap dan makyuuuus lho pasti ketagihan deh ..tp ini ,mnrt aku sih , kl penasaran boleh coba resep dibawah ini ....bikinnya gampang nggak perlu cape dan ribet deh yang penting saat di baking tdk dibuka2 ovennya biar kulit soes nya tdk melempem ... Yuk qta mulai aja . 


Soes dengan vla vanilla ala maya kitchen 

Bahannya : 

250 ml air 
1/2 sdt garam 
125 gram butter / margarine 
150 gram tepung terigu serba guna ( all porpuse) 
4 butir telur ukuran sedang 


Cara membuat kulitnya : 

1.  Masak air , garam dan butter sampai mendidih dan  mencair , lalu masukkan tepung terigu aduk rata , sampai tepung kalis dan tidak lengket lagi diwajan , angkat , dinginkan . 
2 . Setelah adonan dingin baru masukkan telur satu persatu sambil diaduk2 sampai mengkilap ( aku tadi mengaduknya pake mixer saja ) dan merata , setelah  itu terlihat  adonan yang sedikit rada cair dan kental . Sisihkan .
3. Kemudian  Ambil piping bag dan spluit bunga ( aku pake ukuran yang paling besar spluit nya ) kmdn masukkan adonan tepung yang tadi sdh dicampur dengan butter kmdn cetak pada loyang yang sdh diolesi mentega tipis2 ( tdk perlu tebal pengolesan mentega pada loyang krn kue akan menjadi  bergeser - geser ) . 
4 , panaskan oven pada saat tadi qta sedang menspluit adonan , panaskan oven pada suhu 395 F atau 200 celcius , panggang kue soes selama 20- 25 menit ( kl utk pemanggangan yg kedua proses memangang bisa di kurangi krn oven sdh benar2 panas ) sampai  kue kuning kmdn keluarkan kue dr oven  dan simpan pada rak kue , biarkan dingin. Setelah dingin gunting kulit soes tuk diisi  vla ( gunting nya jgn sampai putus nya ) . 


Cara membuat Vla : 

120 gram gula putih ( bisa dikurangi kl kemanisan , kl mnrt aku sih cukup ) 
50 gram tepung custrad   Cairkan dengan sedikit susu atau air biasa 
1 sdt vanili bubuk 
1/4 sdt garam ( secukupnya aja bisa dikurangi ) 
500 ml susu cair ( uht ) 
1 sdm butter 
2 kuning telur 


Caranya : 

Campur gula putih, tepung custrad ,  susu, vanili  dan garam , masak di dalam api sedang sambil diaduk2 kmdn masukkan kuning telur , masak sampai adonan meletup2 setelah itu angkat kemudian beri butter . Aduk terus adonan sampai dingin ( maksud adonan diaduk trs agar didapat vla yang mengkilap dan tdk bergerindil ) , vla siap digunakan tuk isian soes dan soes siap tuk disajikan , kl aku dikasih toping lelehan coklat biar lbh muantap. 


Aku bikin 2 buah vla yang ini rasa lemon vla 
 
Lemon curd 
Resep dr: hesty kitchen 
Disandur dan dimodif cara nya oleh : maya kitchen 

Bahan : 

2 butir telur 
2 kuning telur 
100 ml juice lemon ( aku dr 1 buah lemon di peras ambil air ) 
Kulit lemon parut , aku pake 1 dr lemon 
80 gram un salted butter, aku pake yang beku trs aku potong 2 
150 gram whippid cream, kocok . 

Caranya : 
1 . Campur gula, telur utuh dan kuning telur dalam bowl aduk rata 
2. Panaskan panci isi dengan air secukupnya , biarkan mendidih kmdn simpan bowl diatas panci yang air nya mendidih ( maksudnya adonan yang nomer satu dimasak secara ditim) aduk pelan biarkan sampai sedikit mengental ( jgn takut kl adonan tdk mengental lama2 jg akan kental ) . 
3. Setelah adonan sedikit mengental kmdn masukkan kulit jeruk dan air juice lemon aduk pelan kembali atau biarkan sebentar sampai adonan lemon curd sangat mengental setelah mengental sekali matikan kompor , angkat bowl lalu masukkan unsalted butter , aduk rata sampai butter mencair dan tercampur rata . 
4. Isi bowl yang lain dengan es batu dan air es kmdn simpan bowl yang masih panas yang berisi adonan curd , aduk2 rata biarkan sampai dingin setelah dingin baru beri whippid cream kocok  aduk rata , proses terakhir simpan adonan curd yang sdh dicampur dengan whipped cream kedlm kulkas biarkan dingin , lemon curd siap digunakan tuk isian sus . 



Topping coklat leleh 

1 kotak baking chocolate bar ( semi sweet ) , aku potong2 berdasarkan garis aja nggak dipotong halus 
700 ml air 


Cara menge- tim coklat 

1, ambil panci isi dengan air sekitar 700 ml , panaskan dengan api sedang sampai mendidih . 
2. Ambil bowl steinless lalu masukkan coklat potongan , kmdn simpan bowl diatas air mendidih kmdn aduk2 dengan spatula biarkan coklat sampai mencair / meleleh lalu matikan kompor , biarkan coklat agak hangat . 
3. Ambil plastik piping bag ukuran kecil , kmdn masukkan spluit ukuran kecil ( aku pake spluit khusus coklat ) trs masukkan lelehan coklat kedlm piping bag , baru hias diatas kue soes , biarkan coklat sampai mengeras baru kue soes dinikmati dengan secangkir teh manis hangat . 


Selamat mencoba . 


Nah spt ini adonan soes nya 
Ini saat akan di masukkan ke oven 
Soes hasil karyaku .. Yummy bikin ketagihan trs .. 
Ini soes utk pengajian .. 


Nah yang ini soes isi lemon curd , rasanya  sensasional krn ada asem2 dari juice lemon dan kulit jeruk llemon yg bikin wangi ingin trs menggigitnya ... 

No comments:

Post a Comment