Wednesday, October 8, 2014

Resep Nasi Kuning Rice Cooker

Beberapa kali bikin yang namanya nasi kuning nggak pernah sukses kadang kelembekan kadang nggak jelas kuning dan rasa nya , seperti yang kena kutukan aja deh 😊😊, tapi hari ini berdasarkan resep dan trik dari teman seperantauan yaitu Mba Diana Ramelan. Ternyata kutukan nya berhasil di runtuhkan ( kesannya kaya gedung aja runtuh 😊😊) kali ini aku benar2 girang dan bersorak sorai bgt deh atas kesuksesan ini ... Ternyata gw lebay bgt nya . Tapi emang bener aku tuh senang nya seperti dapat berlian aja , ternyata gampang banget bikinnya nggak sulit . Gw akan kasih cara dan trik nya spy buibu, teman2 yang pingin bikin nasi kuning pake rice cooker bisa sukses kaya aku ...tapi aku yakin jg sebagian buibu dan teman2 semua pasti bisa deh bikin nie nasi kuning, yuk qta mulai aja terbang ke dapur tercinta ku buat mempratekkannya dan satu lg ternyata nasi kuning aku kali ini disukai keluarga kecil ku ....duh bahagia nya . Nie buibu dan teman2 semua . Oh iya aku cuman pake rice cooker ukuran kecil yang hanya 2 cup beras aja . Bahan sdh aku modif sesuai kebutuhan aku aja , pelengkap itu ide aku aja . 

Nasi kuning rice cooker ala maya kitchen 
Sumber : Diana Ramelan 
Disandur oleh : maya kitchen 


Bahannya : 

2 gelas nasi putih ( gelas nya aku pake ukuran nasi yang ada di rice cooker ) 
1/2 gelas ketan putih 
5 sdm santan kental 
250 ml -300 ml air . 
1/2-1 sdt garam 
1 batang sereh bagi 4 geprek 
3 lembar daun salam 
1 ruas jari kunyit , uleg halus trs beri air sedikit kmdn saring , ini aku pake kunyit biji biar lbh bgs warna nya kl pake kunyit bubuk jg bisa kok . 



Pelengkapnya : 
 Telur balado 
Kering kentang teri 
Emping 
Ketimun
Sambel goreng daging printil 
Dadar telur 
Sambel kemiri 

Sambel kemiri 
4 buah kemiri 
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah 
Terasi secukupnya
1 buah cabe merah 
2 buah cabe rawit merah 
Gula merah secukupnya 
Garam 
====== goreng semua bahan kecuali gula merah dan garam lalu uleg  semua bahan kmdn beri garam dan gula merah , sambel kemiri siap menemani nasi kuning . 

Caranya : 


1. Cuci bersih beras dan ketan , aku cuci nya disatukan aja ( sebenarnya nggak pake ketan jg tdk apa2 hanya aku pake biar ada lengket2 nya ) . 
2. Kmdn campur santan, air kunyit aduk rata, sisihkan 
3. Masukkan beras dan ketan kedlm bowl rice cooker kmdn beri cairan santan dan kunyit yang td sdh di campur lalu beri air kira2 1 ruas jari dr beras beri salam, garam dan sereh lalu tekan cook biarkan sampai naik ke warm ( tapi dlm proses nya diaduk  sekali2 biar tdk gosong ) . Nasi kuning siap tuk dinikmati bersama balado telur , ayam goreng , sambel goreng daging , telur dadar dan abon ...hmhmhm yummy bgt . 


Selamat mencoba .

Nah ini nasi kuning yg baru matang selanjut nya tinggal qta tata dgn aksesoris lainnya . 

Nah ini nasi kuning lenglap ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment