Thursday, October 16, 2014

Resep Bakso tanpa baking powder dan baking Soda alias bakso sehat

IBakso lg bakso lg jgn bosan 2 nya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€...sebenarnya  dibeberapa bagian dalam blog ini aku pernah nulis tentang resep bakso tapi kali ini aku bikin resep tanpa menggunakan baking powder ( bp ) atau baking soda ( bs ) , semua orang sepertinya sama satu makanan ini pasti suka alias favorit bgt , kl gw pribadi tdk terlalu bgt sih kl lg pingin aja makan bakso itu apalagi kl lg cape dan hbs bepergian jauh pasti pingin banget ama yang nama nya bakso yang dikasih sambel pedas wah makyuuus deh kl ngebayanginnya, bakso sebenarnya berasal darimana aku jg tdk tahu ( blm pernah ngulik sejarah bakso ) tapi jenis makanan ini benar2 disukai tua dan muda, dan beraneka ragam jg bentuk bakso serta isi nya , supaya orang akan penasaran dengan judul baksonya dan akan tetap mencari makanan ini , kl aku sih lbh suka yang original tanpa diisi apapun maklum penganut kunonisme πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ, oh iya bakso kali ini mnrt saya sih aman buat dikonsumsi anak2 krn tanpa ada zat pengembang nya dan tanpa bahan pengawet lainnya . Memang kl bikin makanan itu lbh baik membuat sendiri biar kualitas higienis nya terjaga dan yang penting aman tuk keluarga tercinta qta . Resepnya aku dapat dr bu Rika awalnya dan aku hilangkan baking powder dan baking soda nya krn pas liat resepnya rada berpikir jg kok 2 bahan pengembang menjadi satu dlm adonan, akhirnya aku modif saja tapi tdk mengurangi rasa hormat , saya tetap mengucapkan byk trima kasih buat Rika Sartikawati yg sudah berbagi resep ...semoga allah membalas semua kebaikan Rika ...aamiin . Yuk qta liat resep dan caranya . 



Bakso sehat 
Sumber : Rika sartikawati 
Modif : by maya kitchen 


Bahannya : 

450 gram daging cincang ( aku pake yang udh dicincang aja dan kadar lemaknya yg 7% saja ) 
200 ml air plus es batu 
2 sdt bawang putih bubuk ( garlic powder ) atau 4 siung bawang putih goreng lalu uleg halus 
1/2 -1 sdt merica bubuk 
1 - 2 sdt gula putih 
1 sdt garam 
2 sdm tepung tapioka , munjung 
1 sdm  tepung corn strach ( tepung jagung / maizena ) munjung 
1 sdm tepung terigu , munjung 
2 sdm potato starch , munjung 
2-3 butir putih telur 

Caranya : 

1. Masukkan daging cincang dan  air es / es batu setengah saja dulu , ke dlm food procesor lalu haluskan dan tercampur rata , adonan akan terlihat encer . 
2. Setelah daging halus masukkan lagi sisa air es dan putih telur , masih dlm food procesor blend kembali sampai daging benar2 halus dan tercampur rata . Kmdn beri garlic powder, garam , merica, gula putih , blend kembali dalam food procesor sampai bumbu tercampur rata  dan  jangan khawatir adonan akan terlihat encer stlh itu matikan food procesor . 
3. Pindahkan adonan daging kedlm bowl / mangkok lalu aduk2 spy semua tercampur rata , kmdn beri tepung terigu, tapioka, potato strach dan corn strach aduk 2 rata dan sdkt ditekan agar tepung tidak bergerindil dan tercampur rata setelah semua tercampur rata dan adonan sudah halus dan licin , sisihkan . 
4. Panaskan air dalam panci sampai mendidih kmdn kurangi apinya ( sedang saja api nya  ) lalu ambil adonan kepalkan dalam tangan kmdn tekan diantara ibu jari dan jari telunjuk untuk mengeluarkan pentol bakso nya , gunakan sendok tuk mengambil pentol bakso diantara ibu jari kmdn masukkan kedlm air yang sdh di didihkan tadi , lakukan sampai adonan habis , biarkan bakso mengapung , jika semua bakso sdh mengapung tanda bakso sdh matang ( kl blm nyakin bisa dibiarkan sekitar 5 mnt saja agar bakso benar2 matang didalam nya ) , setelah itu matikan api angkat bakso . Dan bakso siap tuk dinikmati sbg cemilan yang dicocol dengan saos cabe atau sebagai bakso kuah . 


Selamat mencoba . 


Bakso sehat tanpa bp dan bs lbh kenyal dan membal ... πŸ˜†πŸ˜†
Ini lbh dekat aman buat anak2 dan keluarga lbh sehat dan eunak ... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

1 comment:

  1. Kalo pake blender bisa ga ya? Ga punya food prcsr soalnya..

    ReplyDelete