Sunday, October 26, 2014

Resep Macaron ala maya kitchen

Hari minggu gini kerjaan gw membuat pesanan makanan  anak2 dari yang namanya ayam goreng , kue2 kesukaan anak2 dan suami , pokoknya kerja dan kerja tapi hati senang krn ini permintaan keluarga tercinta ku . Kali ini anak bungsu ku minta dibuatkan Macaron  itu lho kue yang berasal dari negara Francis , entah nie anak satu doyan bgt sama makanan yang berasal dr LN mungkin dulu lagi ngidam gw doyan banget makanan yang berbau bule makanyaa skrng nurun deh ke c bungsu dikit2 pasti request makanan bule , semoga aja mamah selalu bisa membuat nya 'De ' . Sebenarnya udah lama jg gw pingin bikin kue ini cuman selalu tertunda dengan resep2 yang baru pdhl bahan2 udh gw siapkan sampai2 kadaluarsa dan akhirnya jd teman setia si tong  sampah ...😊apalagi ada cerita kl bikin kue macaron ini rada2 susah dan ngejelimet dalam pemanggangan karna nie kue harus berkaki kl nggak berkaki bkn macaron namanya , mungkin itu yang bikin gw males mengeksekusinya . Seperti nya kue ini harus lbh sabar dalam pengadonannya aja hrs benar2 dan menimbang bahan harus pake timbangan digital krn tdk recomended pake ukuran cup atau timbangan yang biasa . Tadi pagi aja gw antara maju dan mundur nie bikin kue karna liat prosedur nya yang bikin ati deg2 an ( ky ketemu pacar pertama aja gitu ...😀😀😀) tapi akhirnya gw tekadkan tuk mencoba karna tanpa mencoba qta tdk akan tahu dimana kesalahannya atau kesuksesan nie kue dengan membaca bismilah ( serasa judul film deh ) akhirnya gw terjun jg kedapur dan mengoprek2 tuh resep dan hasil nya sungguh bikin gw terharu dan bahagia ( kl bisa gw loncat2 deh ...lebay bgt ) karna Sukses bgt dan kue  macaron pertama gw berkaki dan mulus bgt aduh senang bgt ternyata terbayar sdh rasa penasaran gw , alhamdulillah bgt deh , ternyata yg qta anggap susah kl tdk qta coba tdk akan pernah tahu keberhasilannya . Akhirnya gw tdk terkena kutukan macaron ...hihihihi , kue ini kl di Indonesia harga nya uju buneng muahal bgt , nah sekarang gw tdk perlu beli yang bikin hati nyesek krn harganya tapi gw bisa bikiiiiiiiin sendiri ....yipiiiiii . Joget2 ala dora nie ...hihihihi. Yuk deh  buat buibu and teman2 dimanapun berada so pasti pingin bikin jg kan nie aku kasih resep nya ...oh iya resep gw dapat dari Joy baking 


Macaron 
Sumber : joy baking 
Modif By : maya kitchen 

100 gram putih telur 
180 gram gula halus ( icing sugar / powdered sugar ) 
100 gram tepung almond 
35 gram gula castor ( gula putih bisa diblender dulu sampai halus ) 
1/4 crim tar tar ( optional ) 
1 1/2 sdm corn strach ( tp tdk munjung ) 

Caranya : 

1. Food procesor tepung almond , corn strach dan gula halus ( tepung gula ) , giling sampai halus , ayak semua campuran lalu sisihkan . 
2 . Kocok putih telur sampai berbuih dengan speed yang sedang , setelah berbuih matikan mixer lalu masukkan gula putih castor sedikit2 sambil  dimixer kembali  dengan speed tinggi sampai gula habis dan tercampur rata dengan  putih telur .kocok trs putih telur dengan gula sampai kental ( soft peak / kental berjejak ) , matikan mixer lalu aduk kocokan dengan alat mixer sebentar kmdn angkat jika terlihat adonan sdh berjejak seperti hidung petruk , kocok kembali sekitar 2 mnt lalu matikan mixer . 
3. Ambil bowl lalu pindahkan kocokan putih telur tadi kedlm bowl kmdn masukkan campuran tepung sedikit2 sambil diayak lalu aduk dengan spatula dengan cara mengaduk dr bawah keatas lakukan sampai tepung habis ( td aku sampai 3 tahap dlm pemberian tepung nya ) . 
4.panaskan oven dengan suhu 160 celcius atau 325 F ( perhatikan panas oven masing 2 krn berbeda setiap oven panasnya ) . 
5. Siapkan loyang yang dialasi silicone baking liners atau  kertas roti yang sdh dilikari kecil2 dengan menggunakan jangka tuk membuat lingkarannya ( kebetulan aku pake silicone baking liners jd rada mudah dan tdk perlu membuat lingkaran dari jangka dulu ) . 
6. Masukkan adonan kedlm piping bag dengan spluit yang tengah nya bolong kmdn cetak kedlm loyang yang telah dilingkari kertas rotinya atau dengan silikon baking liners aku kira2 aja tadi mencetak macaronnya tdk terlalu lebar sekali . 
7. Panggang macaron kedlm oven dengan suhu 325 F , panggang selama 14 mnt dan angkat jika macaron sdh berwarna kuning kecoklatan atau sdh berkaki dan atas nya sdh kering , angkat dan biarkan dingn setelah itu beri filling . Dan macaron siap tuk dinikmati bersama susu coklat . 

Filling 
Ini sesuai ide gw aja krn di joy baking kagak dikasih tahu cara bikin filling nya . 

2 sdm whipped cream ( cream kocok )
100 gram coklat putih 
Selai strawberry 

====campur whipped cream dengan coklat putih aduk rata lalu masak di atas api kecil sampai coklat meleleh setelah itu angkat , dinginkan dan sisihkan . 
Filling siap dipakai tuk olesan macaron . 

Sealamat mencoba . 


Macaron yg baru keluar oven .. Tuh kakinya muncul bgs kan . 
Tampak atas macaron .. Tinggal dikasih filling . 
Ini macaron yg udh gw kasih filling 

No comments:

Post a Comment