Tuesday, October 14, 2014

Resep pizza tanpa diuleni dengan topping sesuka hati

2 hari lalu c bungsu ku pingin dibuatin pizza , tapi emaknya blm niat karna emang lg nggak mood buat pizza karna kepikir hrs ngulenin tuh tepung trs nunggu proses fermentasinya jg lama bgt jadi suka males ditambah cuaca yang tdk mendukung tuk proses fermentasi . Tapi lama2 kepikiran jg kl anak minta dibuat kan sesuatu dan emaknya blm mengabulkan permintaannya , akhirnya dengan cara mengumpulkan sisa semangat dan mood terjadi jg pembuatan pizza tapi dengan trik tanpa diuleni dan hasilnya sukses banget ternyata pizza tetap mengembang baik dan anak ku senang banget karna pizza nya berkulit tipis dan isinya sesuka dia banget , jadi kmrn masaknya bareng c bungsu ( happy bgt kl liat anak senang krn masakan emaknya ) pizza tanpa ulen ini bisa sbg alternatif kl qta lg terserang penyakit muales yang tinggi tapi tetap bisa memasak tuk anak2 tercinta . Pizza satu loyang habis sama c bungsu , dan enaknya ini pizza di besokkan jg tdk menjadi keras tinggal dipanaskan di microwave saja . Buat bunda2 dan teman2 yang pingin bikin pizza simple ini  bisa liat resepnya dibawah ini , btw adonan tanpa diuleni ini akan lembek banget tapi tdk perlu khawatir krn tetap bisa dibentuk sesuai loyang masing2 . Resep ini aku liat di blog nya just and taste ( makasih mba Endang ) tp ada beberapa yg aku ganti bahan2 nya dan prosesnya . 



Adonan Pizza Tanpa Diuleni
Resep diadaptasikan dari web King Arthur Flour, Blog - No-Knead Thin-Crust Pizza: it doesn't get any easier than this 
Sumber : just and taste 
Adaptasi by : maya kitchen 

Bahan adonan  pizza:
- 150 ml air hangat
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (misal Fermipan)
- 1/2 sendok teh garam
- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi ( bread flour ) 

Saus:
- saus merk Rogu tuk pizza 


Topping:
- 2 buah sosis potong serong / bulat 
- 3 buah sosis turkey 
-  3 lembar smoke beef 
- keju khusus pizza ( ini sdh tercampur ada mozzarela dan cheddar ) 
- jamur 

Cara membuat:



Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya,  aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 

Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang ( aku kmrn dimasukkan kedlm oven yang aku nyalakan lampunya saja sbg penghangat ) setelah 1 jam dan mengembang kmdn  Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diisitirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap. ( aku kmrn didlm kulkas sekitar 5 jam )!. 


Menata pizza:
Panaskan oven di suhu 200'C atau 392 F 

Siapkan loyang, saya menggunakan loyang besi bulat diameter + 30 cm. Anda bisa menggunakan loyang lainnya yang ada di rumah dan bentuknya juga tidak harus bulat ya.

Keluarkan adonan pizza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Menggunakan ujung-ujung jari tekan-tekan adonan hingga melebar dan memenuhi loyang. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket dan mudah diatur. 

Olesi permukaan adonan dengan saus, gunakan kuas untuk mempermudah pekerjaan anda. Jika tidak ada bisa menggunakan ujung spatula plastik. Tata sosis , smoke beef . Taburi dengan keju cheddar, keju mozzarela ( keju khusus pizza)?

Panggang pizza selama 20 menit atau hingga roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat. Jika anda tidak memiliki pizza cutter, gunakan saja gunting untuk memotongnya. Praktis, rapi dan cepat.

Santap selagi hangat. Yummy!


Source:

Ini keju yg aku pake 
Ini saus instan tuk pizza 
Ini pizza yg siap di panggang 
Ini hasil akhirnya , renyah bgt dan yummy 
Nah tipis kan pizza nya 

No comments:

Post a Comment