Sunday, October 12, 2014

Resep Homemade kulit Pangsit ( Homemade Wonton Wrappers )

Sabtu ini iseng pingin bikin kulit pangsit sendiri kan kalau berhasil lumayan nggak perlu beli lagi dan alhamdulillah ternyata sukses jadi bisa bikin sendiri kl lg rajin tapi kl lagi males ya mending beli aja ...hihihi. Ternyata kulit yang dihasilkan renyah dan kriuk 2 banget setelah dibikin pangsit goreng dan sebagian dibikin siomay ternyata lembut deh , kl udh berhasil bisa gw jual nie ( dasar emak2 pingin cari duit 😀😀😀) ternyata bikin nya gampang banget kagak perlu alat2 elektronik cukup pergunakan tangan aja dan pin roll kl nggak punya alat pasta tuk bikin mie . Dijamin nggak bakal gagal deh . Aku ambil resepnya dari Griya dapur khayangan yang bersumber dari the little teochew , makasih banget nya udah memberi info yang bermanfaat ini semoga semua kebaikan mba di balas kan oleh Allah SWT ....aamiiin . Yuk qta mulai aja resepnya . Ini aku nggak utak atik karna faktor males jg jadi sesuai dengan resep yang aku liat aja ...


Homemade Kulit Pangsit 
Source: The Little Teochew
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 sdm tepung tapioka
130 ml air panas
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tepung tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng.
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis. (Jadi untuk jumlah air panas yang disiramkan tergantung kadar kekeringan tepung yang digunakan, kebetulan untuk resep saya cukup dengan air panas 130 ml).
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit.
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.5 atau no.6 (saya pakai ketebalan no.5).  Potong kotak 9x9cm atau bulat dengan diameter 10 cm. Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung terigu agar tidak lengket.
5. Kalau tidak ada gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin/gilingan manual dari kayu. Caranya dengan membentuk bulatan2 kecil dari adonan (setiap bulatan kira2 seberat 15 gr). Giling dan tipiskan, kemudian cetak bulat dengan diameter 10cm, taburi tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain jika ditumpuk. Bisa langsung digunakan atau disimpan dalam chiller.
6. Cara menyimpan ala saya agar kulit pangsit tidak lengket satu sama lain saat ditumpuk  yaitu dengan melapisi plastik tipis disetiap lembar kulit pangsit. Kemudian kulit pangsit dimasukkan wadah atau plastik kedap udara, simpan di dalam kulkas bisa awet kurang lebih seminggu. Aku simpan juga dlm freezer ( kl mba yg punya resep blm pernah simpan dlm frezzer ) dan cukup tahan selama 2 minggu . 

Selamat mencoba . 



Nah ini hasil kulit buatan sendiri 


Ini siomay buatanku dengan homemade wotton wrapper .. Lembut dan enak .. 

Yang ini Pangsit Goreng dengan homemade wotton wrappers ... Renyah dan kriuk2 

No comments:

Post a Comment