Friday, October 10, 2014

Resep Nastar Keju

Kali ini gw mau nulis tentang pembuatan kuker nastar keju , yang pasti buibu dan teman2 pasti udah sering dengar kuker ini mungkin jg sdh membuatnya. Gw bikin kuker ini karna ada pesanan dari seorang teman kemarin kuker kastangel sudah berea dan sekarang gw baru niat menyelesaikan pesanan kuker nastar ini , sebenarnya temanku pesan nastar aja tapi aku berniat pingin bikin nastar keju biasa nya aku bikin nastar klasik tapi pada saat pengolahan selai aku ada kesalahan yaitu gula langsung aku campur dengan nanas dan hasilnya jadi selai nya berwarna coklat tdk kuning seperti biaasnya ( maklum ngerjain selai nya rada lagi males ) dan aku kepikiran krn pesanan temanku ini rada telat aku bikinnya krn bentrok sama muales bgt ....😀😀😀. Nggak usah panjang2 deh nie resepnya siapa tahu ada yang pingin bikin . Resep ini aku dapat dr salah satu blog tapi aku lupa blognya siapa tapi aku sangat berterima kasih bgt atas share resepnya , maaf nya aku izin catet resep diblog ku . Nastar ini bener2 eunak , lumer dilidah deh dan bikin ketagihan karna bersatu nya rasa nanas yang bikin kuker ini jadi terasa asem2 manis dan sdkt asin krn tambahan keju. 



Nastar keju 
Ala maya kitchen 

Bahannya : 

125 gram margarine ( aku pake blueband ) 
125 gram butter 
350 gram tepung terigu all porpuse 
100 gram gula halus / gula kastor 
3 butir kuning telur 
1/2 bks vanili 
100 gram keju edam atau cheddar , parut halus 
2 sdm susu bubuk 

Untuk olesan 

2 kuning telur 
1 sdm susu kental manis 

=== campur kedua bahan tsb 

Caranya : 

1. Mixer / kocok gula halus, margarine, butter dan vanili , sebentar aja kira2 2 menit asal sdh tercampur rata dengan speed 2 . 
2. Kemudian masukkan satu persatu kuning telur kedlm kocokan margarine sampai tercampur rata setelah itu masukkan parutan keju mixer/ kocok lg sekitar 5 menit sampai keju tercampur lalu matikan mixer . 
3. Terakhir masukkan tepung terigu sedikit sedikit  dan susu sambil  diaduk dengan spatula sampai adonan bisa dipulung . ( sebaiknya hindari penggunaan tangan agar kue tdk menjadi keras pd saat mengaduk jgn menggunakan tangan ) 
4. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat kmudian pipihkan lalu isi dengan selai nanas kmdn bulat kan lagi , lakukan sampai adonan habis . 
5. Olesi nastar dgn kuning telur yg sdh di campur dengan susu kental manis 
6. Lalu Panaskan oven sekitar 350 F , panggang kue nastar sekitar 15-20 menit sampai kuning keemasan , angkat dan simpan di rak kue . 
7. Simpan kue di tempat yang kedap udara . 

Note : 

Untuk menghindari retak nastar : jgn memanggang adonan dengan suhu tinggi ( kenali oven masing 2 ) set pd suhu 302 F atau 320 F kebetulan kl oven ku pd suhu 350 F 

-- adonan kulit jgn terlalu tipis pd saat di bentuk dan jgn terlalu penuh isiannya . 


Cara membuat selai nanas 

1 buah nanas , kupas lalu blender atau parut 
150 gram gula putih
1 batang kayu manis
5 butir cengkeh 

======caranya : masak nanas dengan api sedang biarkan nanas sampai airnya berkurang baru kemudian masukkan gula putih, cengkeh dan kayu manis biarkan sampai nanas tdk berair lg dan nanas menjadi kering dan lengket ( setelah gula putih masuk kecilkan api ) . Angkat dan sisihkan. 

Selamat mencoba 

Nah ini nastar pesanan temanku ..ayo ada yg mau pesan nggak ? 😃😃😃

No comments:

Post a Comment