Tuesday, October 14, 2014

Resep Swedish Meat ball ala maya kitchen

Sebenarnya bikin makanan ini tanpa diniatin cuman lagi iseng2 , siapa tahu anak2 ku suka kalau makan pasta dicampur pake swedish meat ball ini daripada makan cuman ala bumbu spaheti terus kan bosen jg ( maklumnya emaknya lagi kena virus rajin jadi coba2 masakan orang barat ..😀) dan ternyata anak2 ku suka apalagi c bungsu wah lahap banget makannya . Makanan ini full gizi karna ada susu , daging dll pokoknya makyuuuuuus deh . Ayo siapa yang mau buat nie makanan so pasti anak2 dan keluarga menyukai nya , walau rasa nya rasa lidah londo tapi aku cukup menyukai nya karna rasa nya yang lezat . Nie resep nya dibawah ini . Aku dapat ini resep dr mas google jadi nggak tahu sumber orang nya tapi aku makasih banget udh share resepnya . 


Bahannya : 
Swedish Meatball
Sumber : by google
Di sandur kembali oleh : maya kitchen 
500 gram daging cincang , sebaiknya 93  % daging dan 7 % lemak 
2 gram pala bubuk 
3 gram rosemary dan thyme ( aku nggak pake ) 
50 gram toast bread ( bisa diganti dgn 30 gr tepung roti kasar , tapi hilangkan susu cair ) 
30 gr susu cair 
75 gr bawang bombay ( aku pake 1/2 nya ) 
3 sdm unsalted butter 
Garam dan merica secukupnya 


Bahan Saus :
20 gram unsalted butter 
20 gram tepung terigu 
350 gram demiglase ( sdh pernah aku posting cara membuat demiglase ) 
100 gram cream ( aku pake heavy whipping cream ) 
 Garam dan merica secukupnya 
1/2 sdt gula putih ( ini tambahan aku aja ) 


Cara :
1. Rendam toast bread di dalam susu dalam mangkok 
2. Campur rendaman roti dengan daging cincang , pala , merica, garam , bawang bombay  aduk rata lalu bentuk bulat 2 dan sisihkan . 
3. Panaskan wajan lalu beri minyak secukupnya dan masukkan butter , kmdn goreng daging yang sdh diberi bumbu dan berbentuk bukat , masak sampai bola 2 daging berwarna coklat tua , tdk perlu mematang bagian dalam dagung , sisihkan . 


Untuk membuat sausnya : 
Panaskan butter diwajan kmdn masukkan tepung terigu , aduk2 sampai berwarna kuning kemudian masukkan demiglase aduk rata , lalu tambahkan heavy whipping cream , garam , merica dan gula cicipi rasa nya jika sudah pas baru masukkan bola2 daging yang tadi sdh digoreng , masak sampai bola2 daging matang . Angkat dan siap disajikan bersama pasta atau cukup dimakan begitu saja . 



Selamat mencoba 


Ada beberapa tips dalam membuat masakan ini :
– Gunakan daging giling dengan rasio 80% daging dan 20% lemak
– Sebelum dimasak di saus, sebaiknya daging dimasak di wajan dengan minyak dan sedikit butter hingga warnanya coklat tua, pada proses ini daging bagian dalam tidak perlu matang karena proses pematangan dapat di lakukan saat merebusnya dengan saus.
– Agar Roux (campuran butter dan tepung) tidak menggumpal, Roux cukup dimasak sampai berwarna kuning saja dan masukan demiglase atau air dengan suhu ruangan.


Sorry hasil nya nggak sempat di foto krn keburu habis . 

No comments:

Post a Comment