Thursday, October 16, 2014

Resep Ikan / Udang bumbu Rica rica

Rica rica pasti teman2 dan buibu udah pada tahu dong , salah satu jenis makanan khas Manado! makanan ini eunak bgt apalagi kl menyatapnya dengan nasi hangat pasti bisa lupa diri karna rasa pedas yang bikin hati pingin nambah dan nambah lagi ...kebetulan kemarin pas pengajian ada yang bawa ikan tilapia bumbu rica rica dan rasanya makyus banget apalagi yang buat asli orang Manado. Makin makyuuuus deh , ampe rasanya gw tuh pingin nambah lagi tapi berhubung byk orang jadi rada ditahan alias mokal berat kl nambah lg .....hihihihi . Hari ini gw mau coba resep yang dikasih Meggy semoga bisa sama deh rasanya tapi berhubung dirumah nggak ada persediaan ikan tilapia/ tuna / tongkol dan yang tersedia cuman udang jadi deh gw eksekusi udang aja jadi bumbu rica2 yang penting bumbu sama hanya beda ikan nya aja ....maksa judul nya sih 😀😀. Sebelum dan sesudah nya gw ucapin makasih banget sama Meggy yang sudah mau berbagi resep masakan Manado semoga lain waktu mau berbagi resep yang lain ....😀😀😀, oh iya Meggy ini teman baru gw di Alaska dia jg orang Indonesia kebetulan suami nya dpt tugas di Alaska dan gw senang banget karna dengan byk temana qta bisa berbagi ilmu ....keindahan kebersamaan itu benar2 bikin rasa kekeluargaan qta makin erat walau jauh dari saudara , orang tua tapi di Alaska ini gw punya byk saudara yang semuanya baik ,,......Alhamdulillah ya Allah atas semua nikmat ini . Maaf jd sdkt ngelantur . Nah mungkin ada yang udh pingin coba bikin masakan ini , oke gw jeprengin deh resepnya. 

Udang Rica rica ala maya kitchen 
sumber : Meggy Widyasari 
Modif : by maya kitchen 
Bahannya : 

500 gram udang , kupas kulit nya ( bisa pake ikan tongkol, tuna, mujair/ tilapia/ ayam ) goreng sampai matang , angkat dan sisihkan . 
2 batang sereh , potong2 geprek 
5 lembar daun jeruk
3 - 6 batang daun bawang ( kl uk. Nya besar cukup pake 3 aja ) kl mau lbh boleh , iris halus . 

Bumbu yang dihaluskan . 

20-30 cabe rawit merah ( aku pake cuman 10 aja takut pedas bgt ) 
10-20 biji bawang merah uk. Kecil jika pake schaloot , bawang merah USA cukup 6 saja . 
1 ruas jari jahe 


Caranya :

1. Goreng ikan / udang / ayam sampai matang atau 1/2 matang ( sesuai selera aja ) , kl gw ampe matang . 
2. Blender bawang merah, cabe rawit dan jahe , sisihkan 
3.  Panaskan wajan beri 5 sdm minyak goreng stlh panas minyaknya masukkan sereh, daun bawang dan daun jeruk masak sampai bumbu kecoklatan . 
4. Setelah sereh dll berwarna kecoklatan  masukkan bumbu yang di blender tadi  ( rawit merah, bawang merah dan jahe ) aduk2 sampai rata , masak selama 3 menit . 
5. Setelah itu masukkan ikan / udang / ayam yang sudah digoreng , aduk   rata/ balutkan    bumbu cabe ke ikan / udang / ayam sambil dibolak balik , masak sekitar 5 menit dengan api kecil  agar bumbu tdk gosong dan bumbu meresap ke dalam ikan / udang / ayam , cicipi rasanya setelah meresap angkat rica2 udang / ikan / ayam sajikan . Rica rica udang siap tuk dinikmati .


Selamat mencoba 


Pedas yang menggoda tuk tambah nasi lg ... Lupaaa sama diet 
Ikan kembung kecil Rica rica ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment