Tuesday, October 14, 2014

Resep Mendol Tempe

Kemarin habis kumpul2 sama buibu di Anchorage  ( biasa kerjaan buibu pengangguran 😊😊😊) dan seperti biasa diacara kumpul kumpul itu pasti tersedia berbagai macam makanan , eunak sih setiap kumpul2 buibu tuh rajin2 deh bawa makanan hasil karya sendiri jadi qta bisa saling menikmati makanan yang dibuat buibu semua . Terkadang jg qta berbagi resep atau blajar membuat suatu masakan pokoknya saling share / berbagi , ternyata berbagi itu indah bgt jadi serasa keluarga sendiri dan tdk terasa merantau jauh karna ada canda dan cerita diantara qta ...kmrn salah satu ibu2 ada yang teringat dengan salah satu jenis makanan yang berbahan tempe , dia bilang namanya mendol  , wah penasaran jg seperti apa rasa mendol ini . Soalnya aku baru denger namanya dan belum pernah coba, seperti apa rasa nya . Akhirnya temanku itu membocorkan resepnya ( makasih nya umi Farah atas bocoran resepnya ) dan dengan tingkat penasaran akhirnya tadi pagi gw coba bereksekusi dengan tempe ( kebetulan msh punya tempe pas buka2 kulkas ) dan ternyata bentuknya seperti perkedel tapi rasa nya seperti rasa tuk buat isi combro ada sensasi dari kencur dan daun jeruk , cukup eunak tuk menu cemilan atau tuk lauk nasi . Tempe mendol ini berasal dari jawa timur . Nah ini bahan ya . 


Bahan : 
Sumber : Farah Diana 
Modif  by : maya kitchen 

Tempe mendol 

1 papan tempe ( kukus sekitar 15 mnt ) 
1 sdt gula putih 
1 butir telur 
2 sdt  tepung maizena 
Bumbu yang dihaluskan : 
4 lembar daun jeruk 
3 cm kencur 
1/2 sdt ketumbar 
 Garam secukupnya 
3 buah cabe rawit merah 
1 buah cabe merah besar 

Caranya

1. Kukus tempe selama 15 mnt , lalu uleg kasar , sisihkan 
2 . Haluskan semua bumbu kemudian campur dengan tempe yang tadi sdh diuleg kasar beri telur dan gula putih ,tepung maizena .  aduk rata , cicipi rasa nya . Lalu bentuk bulat ( atau sesuia selera ) . 
3. Panaskan wajan beri minyka goreng secukupnya lalu goreng tempe mendol masak sampai tempe kuning kecoklatan , angkat , lakukan sampai adonan tempe habis nya . 
4. Tata tempe mendol dalam piriing , tempe mendol siap tuk dinikmati sebagai lauk nasi atau cemilan . 


Selamat mencoba . 
Ini dia hasil eksekusi td pagi tempe Mendol siap di goreng 

No comments:

Post a Comment