Tuesday, October 14, 2014

Resep lidah kucing keju ( katetong )

Udah berapa hari ini gw cuman ngeliatin sisa putih telur yang lumayan banyak di dalam kulkas , lagi kehabisan ide dan lagi males bikin kue dari sisa putih telur yang ribet pinginnya yang simple dan cepat , akhirnya tuh putih telur cuman dipandangi aja setiap buka kulkas ...hihihi. Nah baru kali ini deh ada niat tuk mengolah putih telur menjadi cemilan yang disukai anak2 karna renyah nya nie kue serta rasa keju dan manis nya gula yang bikin tangan  trs pingin nyomot lagi nyomot lagi dan menikmati rasa asin dan manis nie kue ( serasa permen nano deh ) tapi beneran kue ini enak bgt soalnya renyah tanpa harus pake baking powder pokoknya original dari putih telur . Anak gw yang gede tuh paling doyan makan nie kue ceritanya favoritnya dr dia kecil , waktu di Indo gw suka bikin dan punya beberapa cetakan lidah kucing , nah pas di LN gw mau bikin tapi kagak punya cetakannya kl bikin begitu aja bentuk nya krng cantik. Krn nie kue jadinya melebar , pas kemarin pulang kampung gw niatin banget bawa cetakannya walau gw cuman bawa 2 loyang ukuran kecil tapi bermanfaat banget deh skrng yang akhirnya bisa mewujudkan kembali membuat lidah kucing keju nama lain lidah kucing ini biasa nya disebut katetong apapun namanya yang penting rasa nya aja yang eunak . Aku jg tidak tahu kenapa nie kue dinamakan lidah kucing , apa karna bentuknya yang mirip sama lidah kucing ???? Asal muasal nya jg tdk tahu deh nie kue darimana pokoknya udah ada dr zaman aku kecil . Udah ah ceritanya sekarang qta mulai aja bagaimana membuat nie kue pasti buibu dan teman2 ku semua pingin jg bikin kl punya kelebihan putih telur , yuk deh qta mulai aja . Sumber nya aku ambil dr beberapa resep dan aku kreasikan sendiri . 



Lidah kucing keju 
By :  maya kitchen 


Bahannya 

125 gram butter ( un salted ) 
125 gram margarine ( aku pake blue band ) 
160 gram gula halus ( powdered sugar ) 
200 gram tepung terigu serbaguna ( all purpose ) 
50 gram tepung tapioka 
1 sdt vanili 
100 ml putih telur 
200  gram keju ( 100 gram keju edam + 100 gram keju cheddar ) , parut 
2 sdm  susu bubuk 

Taburannya : 
Keju parmesan 

Caranya : 

1. Panaskan oven pada suhu 305 F atau 150 celcius . 
2. Kocok putih telur sampai putih berjejak , sisihkan. 
3.ayak tepung maizena, tepung terigu dan susu , sisihkan 
4. Kocok margarine dan butter sampai pucat dengan speed tinggi , lalu turunkan speed  kmdn masukkan keju parut , vanilli  dan mixer kembali dengan speed rendah sebentar saja asal tercampur lalu masukkan campuran tepung dan susu yang sudah diayak masih dimixer.  Setelah tercampur rata semua adonan baru masukkan kocokkan putih telur sedikit2 , mixer sampai tercampur rata setelah itu matikan mixer . 
5. Ambil piping bag lalu beri spluit yang berlubang kecil dan masukkan adonan ke dalam nya lalu sisihkan . 
6. Ambil loyang lidah kucing olesi dengan sedikit margarine loyang nya kmdn cetak adonan kedlm loyang segaris saja karna adonan akan melebar kesamping kmdn taburi dengan keju parmesan . 
7. Panggang kue , masak sampai kuning kecoklatan angkat dan simpan dalam rak agar kue cepat mengering . 
8. Simpan kue dalam toples kedap udara . 


Selamat mencoba . 

Proyek lidah kucing ku hari ini .. Krenyes2
Ini buat nyetak lidah kucing 
Seperti ini cetakan lidah kucing nya ini bagian belakang 
Ini bagian depannya ..

No comments:

Post a Comment