Wednesday, October 22, 2014

Resep Lasagna ala maya kitchen

Sebenar nya bikin ini makanan udah lama tapi belum sempat ditulis karna biasa lg kekurangan ide tulisan jadi dipending terus ...nah mumpung hari ini lagi berniat dan ada ide jg buru2 deh nulis takut kabur lagi ide tulisannya ...., semua pasti udah tahu deh kl makanan ini berasal dr negara Itali dan merupakan menu favorit anak 2 atau qta semua menyukai menu ini.  Cara membuat makanan ini sebenar nya gampang banget hanya proses pensiapan nya aja yang suka bikin males karna byk bgt yang harus di prepare tapi kl demi keluarga so pasti sesusah apapun dan seribet apapun pasti bakal di kerjain karna keluarga adalah segala nya buat qta , rasa nya senang kalau bisa memasak atas request makaikat2 kecil qta dirumah ada rasa bahagia yang tak bisa terucapkan ...( ups maaf jd curhat nie ) . Oh iya lasagna ini merupakan pasta yang di lapisi oleh daging cincang dan mozarela yang mana lelehan dr keju bikin lidah qta ingin terus menyatapnya apalagi kl dimakannya pake saos ( maklum lidah ndeso jd hrs ada pedas2 nya ...😀😀😀) aku bikin ini masakan krn permintaan c bungsu ku , anak satu ini susah bgt kl diajak makan ala emaknya yang ndeso , selalu harus makan yang berbau2 keju, pasta , roti dan kentang ( serasa punya anak bule nie , 😃😃😃) , nah salah satu favorit nya ya lasagna ini , buat buibu yang punya kasus ky saya boleh deh dicoba nie resep in shaa allah bisa cocok dengan lidah qta, aku kl inget lasagna ini jd inget teman ku mba Sofie yang udh ngajari aku bikin lasagna ( makasih nya mba udah bagi 2 resep dan mau ngajarin cara2 nya semoga allah menggantikan kebaikan mba ...aamiin , jadi kangen sama mba Sofie ) . Nah sebelum kepanjangan nulis nya mending qta mulai aja deh .....




Lasagna ala maya kitchen 
By : maya 
Bahannya : 
12 lembar kulit lasagna ( aku pake yang sebenarnya bisa lgs dioven tanpa perlu di rebus tapi kmrn aku rebus dulu krn kl lgs dioven suka keras ) 
450 gram daging cincang 
200 gram keju mozarela 


Bumbu saus daging:
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
 4 siung  bawang putih, keprak dan cincang halus
2 buah  tomat merah, potong kotak2 kecil ( dadu ) 
4 sdm saus tomat botolan 
1/2 sdt oregano bubuk 
1/2 sdt daun basil kering 
1/2 sdt teh italian seasoning  
1 sdm gula pasir 
1 1/2 sdt garam ( sesuai selera aja ) 
1 sdt merica hitam bubuk 
2 sdm minyak untuk menumis 
4 sdm pasta sauce 

Bahan & bumbu saus putih:
1 1/2 sdm  mentega / margarine ( ini akan membuat aroma dan rasa lbh gurih)
2 sdm tepung terigu , all purpose ( bebas jenis nya , kebetulan ada nya yg itu ) 
500  ml susu cair 
1 sdt merica hitam bubuk 
1/4 sdt garam 
100 gram keju parut , aku pake cheddar



Cara membuat:
Saus daging   

1. Ambil tomat lalu potong kotak dadu , sisihkan 

2. Siap kan wajan, beri minyak goreng kmdn tumis bawang bombay dan bawang putih masak sampai harum dan layu kmdn masukkan daging cincang aduk2 , masak daging sampai berubah warna tdk pink lagi 
3. Setelah daging berubah warna , matang masukkan saus tomat, cincangan tomat , oregano, basil , gula dan garam , merica bubuk hitam , pasta sauce dan italian seasoning aduk rata , masak sampai mengental , cicipi rasa , sesuaikan garam dan gula , angkat dan sisihkan . 


.

Kulit lasagna

====== siapkan panci beri 700 ml - 1 liter air dan 1/2 sdt garam , rebus air sampai mendidih , masukkan kulit lasagna aduk dengan spatula agar kulit tidak menempel satu sama lain . 
 

========Note:  aku  menggunakan kulit lasagna instan yang sebenarnya tidak perlu di rebus, tetapi pengalaman membuat lasagna walau menggunakan kulit instan hasilnya tetap keras ketika dipanggang. Jadi paling aman adalah dengan tetap merebusnya hingga al dente. 

=========Rebus  kulit lasagna hingga al dente, tidak sampai empuk tetapi lasagna cukup matang. Tiriskan dan segera pisahkan kulit satu dengan lainnya dan tata dalam posisi tidak bertumpukan di piring  datar. Jika kulit lasagna lengket, siram dengan air dingin dan lepaskan kulit perlahan. Sisihkan.

Saus putih 

1. siapkan panci / wajan masukkan mentega / margarine dengan api kecil hingga mentega mencair , masukkan tepung terigu , aduk cepat dengan spatula hingga tepung tercampur baik dengan mentega , masak trs tepung sampai kuning kecoklatan dan matang , aduk trs spy tepung tdk gosong . 

2. Setelah itu masukkan susu sedikit2 dulu sambil diaduk cepat dengan spatula , tidak boleh memasukkan susu sekaligus karna akan mengakiibatkan tepung menggumpal ( kl terjadi susu dimasukkan sekaligus sebaiknya adonan yg menggumpal di blender saja sampai lembut ) intinya masukkan susu bertahap sambil diaduk2 dan adonan mengental , lakukan sampai susu habis spt itu . 

3. Setelah tercampur dengan baik tepung dan susu , kmdn besarkan api , masak saus putih ini sampai mengental , lalu beri merica hitam bubuk, garam dan parutan keju ( cheddar parut ) aduk rata , hingga keju mencair dan saus kental , angkat dan sisih kan . 



Menata lasagna

 ======Panaskan oven dengan suhu 175 celcius atau 350 F 

=====siapkan loyang / pyrex ( ukuran disesuaikan dengan kulit lasagna saja , kebetulan akau kulitnya berisi 12 lembar , tp pyrex nya lupa ukuran brp ) . 
Tata 4 lembar kulit lasagna didasar pyrex , kmdn beri tumisan daging cincang , saus putih dan keju mozarella ( aku tumisan daging dan saus tomat aku bagi 3 , karna aku mau bikin 3  tahap / bagian ) lakukan sampai kulit lasagna habis cara nya seperti yang pertama . 


==== terakhir tutup 4 lembar kulit lasagna lainnya dan lakukan kegiatan menumpuk dan taburi dengan keju mozarella ( caranya sama setiap tahapnya ) .

Memanggang 

Ambil loyang simpan pyrex diatas loyang tipis , maksud pake loyang agar gampang pada saat mengeluarkan atau memasukkan lasagna kedlm oven , panggang lasagna selama 20 menit ( lama nya memanggang sesuai kan degan oven masing 2 nya . ) 
Intinya  : jika lasagna pada saat dipanggang sudah mendidih , keju meleleh dan permukaan mulai kecoklatan maka segera keluarkan lasagna dr oven , jgn sampai kelamaan memanggang karna lasagna akan menjadi keras dan tidak lumer lagi pd saat disantap . 

Selamat mencoba 

Nah ini lasagna yg sdh matang dan siap disantap 
Lelehan kejunya bikin nagih tuk di comot trs ... Hmhm yummy 

No comments:

Post a Comment