Sunday, July 7, 2013

Daging goreng alias empal

Udah lama jg pingin bikin nie empal alias daging goreng yang rasa nya  bisa menggoyang lidah suami, anak2 karna kl setiap bikin empal kok serasa ada yg kurang bumbu nya, akhir nya hasil browsing sana sini dan membayangkan empal yg sering dijual di kota yogyakarta akhir nya dapat jg rasa yg pas sama lidah keluarga tercinta, yuk qta mulai memasak empal, bagi yg pingin tahu resep nya ini ada di bawah: 

Bahannya: 
Daging, aku pake daging top sirloin yg prime( lemaknya sdkt) 500 gr
Daun salam secukupnya
1 batang serai aku bagi jd 3 bagian trs aku geprek
Santan encer sekitar 100 ml
Santan kental sekitar 100ml
Garam secukupnya
Gula merah 3 sdm
Gula putih nya 4 sdm( kl tdk ingin manis bisa di kurangi)
1 sdm air asam( tamarin aku kasih air 1 sdm)
Minyak buat menggoreng

Bumbu halusnya:
2 sdm bawang putih( krn aku punya blenderan bawang putih jd aku pake ini) sekitar 2 siung bwng putih
3 sdm bawang merah( ini jg aku pake yg sdh diblender) sekitar 4 siung bwng merah
1 sdm ketumbar yg sdh disangrai
3 butir kemiri
1/2 sdt  merica bubuk

Method:

1.daging aku potong2 seukuran tuk empal trs aku geprek.
2. Setelah itu daging yg sdh digeprek aku rebus dengan santan cair, garam, air asam, gula merah, daun salam, gula putih sampai 1/2 matang
3. Setelah setengah matang aku masukkan bumbu halus dan aku tambahi dengan santan kental sekitar 50 ml ( kl krng bolehnditambah jd 100 ml) masak terus sampai daging matang dan air kering.
4. Setelah matang, daging tinggal digoreng ( awas jgn sampai hangus menggoreng nya) kl mau disimpan simpan lm wadah kedap udara dan simpan dlm freezer. 
5. Daging empal ini paling makyus kl dimakan dgn nasi hangat dan sambel terasi. 

No comments:

Post a Comment