Tuesday, July 30, 2013

Resep Es goyobod ala Maya gitu lho

Summer emang bikin qta pingin minum yg segar2, kepikir deh ky nya enak kl bikin minuman khas garut ini, terakhir minum nie minuman didaerah dago di salah satu rumah makan, dan rasa nya emang ngangenin banget, mulai deh daku mengobrak abrik dapur dan melihat bahan2 nya, alhamdulillah ternyata lengkap bahan2 tuk membuat nie minuman, yuk qta coba resep karangan gw....

Bahan nya : 
100 gr Tepung hunkwee ( kl di USA susah buat nemuin nie tepung jd bisa pake tepung mungbean  ini aku bagi 2 tuk. Warna hijau dan merah ) 
600ml air ( aku campur santan kental 300ml + air 300 ml  aku bagi 2 ) 
Gula putih 2 sdm ( biar ada rasa nya ) 
Garam sejumput saja 
Perwarna makanan ( aku pake warna hijau dan merah ) 


Pelengkap nya :?

Kelapa muda ( aku pake yg kalengan ) yg diserut
Alpukat 
Susu kental manis 
Kinca gula merah ( aku pake ini krn nggak punya sirop  tp lbh enak pake kinca ) 


Caranya tuk warna merah:
 
1. Campur 150 ml santan dengan hunkwee  aduk rata, sisihkan
2. Masak sisa santan ( 150 ml ) beri pewarna merah satu tetes dan gula aduk rata , lalu rebus sampai mendidih lalu kecilkan api kmdn mskkan larutan hunkwee yg sdh dicampur santan, aduk rata dengan cepat biar adonan tdk begerindil setelah adonan meletup2 matikan api, simpan dicetakan biarkan dingin dan mengeras. 

Tuk adonan hijau cara nya sama dengan adonan merah. 

Tuk kuah santan nya : 

250 ml santan kental ( aku pake kara ) 
Daun pandan 1 lembar
Garam 

Rebus santan bersama garam , daun pandan biarkan sampai mendidih tp hrs diaduk biar santan tdk pecah, angkat sisihkan . 

Tuk kinca nya : 
250 gr gula merah 
5sdm gula putih
Daun pandan 1 lembar
Air  250 ml
Rebus gula bersama air, gula putih dan daun pandan sampai mendidih dan sdkt kental , angkat lalu saring, sisihkan.

Penyajiannya: 

Potongan hunkwee warna hijau dan merah, alpokat, kelapa muda, siram dengan kinca dan kuah santan, lalu beri es batu dan sdkt air es terakhir bajur dengan susu kental manis. Es goyobod siap di santap.

No comments:

Post a Comment