Monday, July 29, 2013

Resep cheese stick renyah ( ke satu )

Kebetulan hari ini lg pingin bikin cheese stick tp yg super ngeju dan renyah sekalian nyoba alat giling yg dibeli di Garage Sale, ternyata nie cheese stick emang renyah dan makyus, nah bagi yg msu coba silahlan, aku pake resep nya Mas Budi Sutomo tp udh aku modif. Kl yg ini mnrt gw cheese stick nya terlalu keras dan kokoh . Tdk pernah aku coba lg resep ini krng cocok ... Hihihi

Bahannya: 
250 gr tepung terigu protein sedang ( aku pake all purpose) 
100 gr keju cheedar dicampur dgn edam
1 sdm margarine ( kebetulan punya blue band  aku pake ini) cairkan.
2 butir telur , kocok lepas
1 sdm maizena ( tdk usah munjung)
4 sdm air 
1 sdt garam
1/2 kaldu blok rasa sapi ( boleh pake yg bubuk) 
Minyak tuk menggoreng

Caranya: 
1. Aduk rata tepung terigu, keju parut, tepung maizena, kaldu blok, garam aduk rata. 
2. Kmdn tuang kocokan telur dan margarine kedlm tepung , aduk rata lalu tuang air sesendok2 sambil diuleni hingga kalis. 
3. Giling adonan dlm mesin penggiling or dgn gilingan kayu dgn ketebalan 4mm, setelah itu potong2 adonan dgn pisau ( krn aku tdk punya alat potong dlm mesin)
Dengan bentuk strip memanjang lakukan adonan sampai hbs.
4. Panaskan minyak masukkan adonan yg sdh dibentuk2 td hingga matang kuning kecoklatan, stlh itu angkat tiriskan. Simpan dlm toples kedap udara.  



Tip penting untuk menggoreng cheese stick spy minyak tdk berbuih yaitu dengan cara : ketika adonan akan digiling dan masih terlihat lengket gunakan tepung tapioka Sedikit Mungkin dengan cara pulas setipis mungkin tepung tapioka dgn tangan diatas permukaan meja kerja kita, pipihkan adonan yg akan giling tempelkan diatas pulasan tepung tapioka tadi lakukan yg sama dengan sisi lainnya . Adonan siap digiling usahakan jgn dipulas tepung tapioka lg. 

No comments:

Post a Comment