Tuesday, July 9, 2013

Opor ayam

Gue tuh paling seneng bgt kl makan opor ayam buatan ibu gw krn eunak banget( jd kangen pingin pulang... Hihihi) apalagi kl pake ayam kampung yg dipotong bokap gw langsung wah tambah makyus ( jd kangen ama bokap gw yg telah tiada) ya udh deh ntar kl byk cerita tentang bokap bisa nangis bombay nie, lbh baik qta beraksi didapur tercinta gw aja deh..... Mari mulai ini resep punya nyokap gw nie.

Bahan :
1 ekor ayam ( boleh pejantan or ayam negri lbh eunak ayam kampung) potong jd 8 or 12 tergantung selera aja deh
Santan kental 250 ml
Santan encer nya aku pake 150 ditambah dengan air sekitar 300 ml
 Garam secukupnya
Merica 1/2 sdm ( aku pake yg bubuk)
ketumbar sangrai 1 sdm
Pala 1/2 butir saja ( kl tdk ada boleh diskip)
Bawang merah sekitar 5,siung
Bawang putih sekitar 4 siung 
Salam
 Sereh digeprek 1 batang bagi 3 
Laos digeprek
Daun jeruk
Kemiri 4 biji

Bumbu yg dihaluskan:
Bawang merah , bawang putih, ketumbar ( sebaik nya dihaluskan dulu) merica, garam, kemiri ,pala semua aku blender males diulek2 pdhl sebenar nya lbh wangi di uleg itu mnrt nyokap

Caranya:
1. Rebus ayam sampai empuk sekitar 20 menit deh kl pake presto dan ayam kampung kl pake ayam biasa cukup 10 mnt dr panci berdesis
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, mskkan sereh,salam, daun jeruk,dan laos masak sampai 
3. Setelah harum masukkan ayam aduk2 pelan lalu mskkan santan encer setelah mendidih baru mskkan santan kental aduk2 kl krng air nya boleh tambah dengan kaldu ayam sekitar 300 ml aduk pelan spy santan tdk pecah setelah agak mendidih kecilkan api lalu matikan, opor siap dihidangkan dengan lontong or nasi. 

No comments:

Post a Comment