Sunday, July 21, 2013

Rempeyek kacang or teri

Rempeyek ini dimakan nya cepat tp yg lama bikinnya suka pegel kaki....tapi demi suami dan anak2 yg suka banget sama nie cemilan, akhir nya dengan senang hati tetap aku kerjain walau hrs berpegel2 ria demi keluarga tersayang, yuk qta liat bahan2 nya mungkin ada teman2 yg mau coba nie resep : 


Bahan rempeyek : 
Tepung beras ( rice flour) aku pake 500gr ( krng lbh deh ) krn di plastik nya tertulis 1 lbs
Tepung tapioka 1/2 sdm
Santan kental ( aku pake kara 300 ml dicampur air 200 ml) 
Daun jeruk sekitar 5 lembar potong halus
Telur 2 ( krn telur nya uk. Kecil aku pake 2 ) 
Ikan teri medan secukupnya ( terserah selera aja ) 
250 gram kacang tanah , potong 2 , sisihkan . 
250 gram kacang hijau ( rendam semalaman ) , tiriskan dan sisihkan

Bumbu yg dihaluskan ( aku pake blender saja )
4 buah kemiri
4 buah bawang putih
 1 sdm ketumbar( aku uleg dulu ) boleh pake ketumbar bubuk
Garam secukupnya
Telur disatukan dengan bumbu yg akan diblender

Caranya : 
1. Blender kemiri, bawang putih, ketumbar dan telur.
2. Campur tepung beras dan tapioka lalu masukkan bumbu halus aduk rata trs masukkan santan sdkt sdkt dulu terus aduk sampai santan hbs dan adonan sdh cair ( tp jgn cair bgt nya ) .
3. Setelah itu panaskan minyak goreng yg banyak setelah panas ambil adonan sesendokkan makan ( aku pake sendok tuk makan sup ) lalu beri teri tinggal goreng sampai kuning. 
4. Selamat mencoba. Simpan diwadah kedap udara biar tetap renyah.



Satu lg dr dapur gw rempeyek kacang hijau ... Krenyes krenyes nie nggak brenti memakannya .. 😊😊

No comments:

Post a Comment