Monday, July 22, 2013

Resep kastengel tanpa telur

Lagi2 kastengel yg suka bikin aku penasaran pingin uji coba dr yg pake telur rebus, pake fresh cream dan sekarang yg tanpa telur tp dr semua uji coba ,  kue ini tetap eunak, gurih, dan crunchy , alhamdulillah nggak gagal dan para costumer menyukai krn kreyes2... Hihihi. Oh iya resep ini aku ambil dr dapur nya Ordinary Kitchen" bunda Nadhifa" makasih bun, sblm nya kue ini lbh bgs pake butter yg berkualitas biar hasil nya enak ... Nah ini resep nya, resep ini ada sdkt modifikasi.

Bahannya: 
Resep Bunda Nadhifa modif by Maya kichen 
300 gram butter( ini aku pake butter 150 yg unsalted + 150 mentega/ margarine ( merk crisco yg ada di US) 
350 gr terigu All purpose 
50 gr maizena ( 3,5 sdm ) 
2 SDM susu bubuk
150 gram keju gouda/ edam parut
50 gram keju parmesan ( aku pake yg sdh diparut) 

Olesannya
1 kuning telur, kocok lepas
Taburannya:
Keju parmesan or cheddar parut ( kl di USA lbh baik pake parmesan yg sdh di parut lbh renyah hasilnya ) 

Caranya: 

1. Campur terigu, susu, maizena trs ayak sisihkan.
2. Kocok mentega dan butter sebentar saja hingga lunak( tdk usah lama2 or sampai putih) kmdn mskkan keju edam dan parmesan, aduk rata pake spatula or sendok kayu. 
3. Lalu masukkan campuran terigu( aku sdkt2 dulu )  aduk rata pake spatula, stlh didapat adonan yg pas tuk dibentuk hentikan pemakaian tepung. 
4. Kmdn ambil adonan lalu giling kira2 aja mungkin sekitar 1 cm kmdn cetak ( bebas mau bentuk apa saja) tata dlm loyang lalu oleskan kuning telur trs beri taburan diatas nya dgn keju parmesan or cheddar parut.
5. Panggang dengan suhu oven 125 C ( aku pake suhu 300 F) sampai matang dan berwarna kuning lecoklatan) angkat dan dinginkan. Simpan dlm wadah kedap udara.

Note: adonan ini tanpa telur tp krn pake maizena jd kastengel ini renyah dan garing, kl suka yg empuk tinggal kasih 2 butir kuning telur yg dikocok bareng dengan mentega dan butter. 

Selamat mencoba

Nah ini kastengel ala maya kitchen boleh pesan kok ... Ditunggu pesanannya . 

Siap di oven .. 

Nah ini hasil akhir nya ... Krenyes krenyes 
Kehabisan keju jadi gw kasih coklat leleh aja dan rasanya eunak jg manis dan asin keju bercampur .. Sensasional deh 😃😃

No comments:

Post a Comment