Thursday, July 25, 2013

Resep pizzza homemade isi sesuka hati

Suatu hari anak ku yg bungsu merengek minta dibikinin pizza, biasa nya aku pasti lgs beli aja krn faktor muales dan kaya nya ribet gitu, tp hari itu aku lg mood buat mencoba menaklukkan membuat pizza sendiri demi si bungsu, akhir nya sukses jg dan ternyata mudah banget. Tuk beraksi membuat pizza ini si bungsu aku ajak ke dapur buat isi Tooping pizza nya, akhir nya jadi deh pizza ala " Maya " oh iya resep nya aku sdkt modif aku dapat resep nya dari Ordinary Kitchen Bunda nadifa.  Yuk qta mulai membuat nya:


Bahan untuk dough nya or roti nya

100 gram tepung  terigu ( all porpuse) 
250 gram tepung terigu protein tinggi ( aku pake bread flour) 
7 gram yeast / permipan ( sekitar 2 sdt ) ini hrs pake yg msh baru blm dibuka bungkus nya biar hasil buih nya bgs
2 sdm minyak goreng ( aku pake vegetable oil, pake yg merk bagus) 
2 sdt gula pasir 
1/4 sdt garam 
200 ml air hangat.

Caranya : 
1. Campur yeast, gula putih dan air hangat biarkan sampai berbuih ( sekitar 10 mnt) tanda yeast sedang bekerja. 
2. Campur kedua terigu dengan garam buat lubang ditengah nya beri larutan yeast( permifan) kmdn aduk rata masukkan minyak goreng, uleni setengah kalis. Lalu uleni lagi sampai kalis dan elastis ( sdh tdk lengket, mengkilap dan kl di tarik tdk pecah ) 
3. Setelah adonan kalis kmdn bentuk bulat lalu simpan diwadah ( bowl) tutup dgn plastik wrap tunggu sampai 1 jam, adonan akan mengembang 2 kali lipat dari yg semula.
4. Setelah adonan mengembang kempis kan kembali dan uleni sebentar lalu simpan diloyang pizza bentuk sesuai loyang pizza ( or adonan bisa di bagi 2 sesuai uk. Loyang saja ) kl tdk punya loyang pizza bisa pake loyang biasa . 
5. Lalu adonan taburi dengan mozarela, saos tomat, beri tooping ( aku kmrn pake jamur shitake, daging asap, sosis, paprika warna kuning kebetulan yg ada dikulkas itu) lalu terakhir aku taburi lg dengan mozarella, kmdn panggang dgn api 400 F or 200 C bakar sekitar 10- 15 mnt, asal keju sdh meleleh angkat dr oven lalu potong2 pizza siap disantap. Pas bakar jgn terlalu over bake krn pizza bisa hangus or menjadi kering or garing dough nya.  Selamat mencoba

Untuk saos nya : 
3 buah tomat uk.medium ( aku kmrn pake tomat bulat ) 
3 siung bawang putih
1/2 bawang bombay ( krn uk.nya besar jd aku pake 1/2 kl kecil pake 1 aja) 
1 sdm oregano
6 sdm saus pasta ( kl nggak ada pake saus tomat aja ) bisa dikurangi jd 5 sdm
1sdt merica bubuk
1 sdt  basil
1- 1 1/2 sdt garam

Caranya
1. Tomat aku blender sampai halus bisa jg diparut
2. Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum, kl sdh harum masukkan parutan tomat, biarkan sampai mendidih.
3. Kl sdh mendidih masukkan pasta sauce biarkan sampai mendidih dan meletup2 lalu mskkan oregano, garam, merica dan basil aduk rata biarkan sampai menjadi  kental , setelah kental matikan api lalu angkat biarkan dingin, saus ini sbg olesan tuk pizza.


Cat: tepung protein tinggi kl di indonesia namanya cakra kembar, kl yg protein sedang segitiga biru, 

2 comments: