Monday, July 29, 2013

Resep semur ayam special

Semur ayam ini memang beda dr semur yg lain mungkin krn pemakaian lombok merah jd semur ini sensasi nya bene2 gurih, legit dan makyuuuus, aku dapat nie resep dari salah satu milis kl tdk salah di blog nya NARTi deh dan aku udh sering bikin nie semur dan suka aku bw tuk acara2 di Alaska, kebetulan semua suka dengan rasa nie semur yg tdk terlalu manis, bagi teman2 yg mau coba silahkan.ada yg aku modif, pasti kl sdh coba akan ketagihan deh. 


Bahannya: 

Ayam 500 gr / 1/2 kilo ( aku pake wing aja yg aku belah 2 ) 
Kecap 15 ml ( aku pake wkt itu sekitar 2 or 3 sdm)
600 ml air
Daun jeruk sekitar 6 lembar
Sereh 1 batang ambil putih nya geprek
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yg dihaluska: 

1sdt merica biji ( aku pake bubuk )
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih uk. Besar
5 butir kemiri
2 buah cabe merah ( aku buang biji nya biar anak2 makan) 
1sdt garam 

Caranya: 

1. Cuci ayam bersih lalu potong2 
2. Tumis bumbu  halus dgn minyak yg sdh dipanaskan  sampai berwarna keoklatan lalu masukkan ayam aduk2 biar bumbu bersatu.
3. Beri air kmdn kecilkan api lalu aduk2 supaya ayam matang merata, stlh matang  biarkan air menyusut setelah itu baru beri kecap dan aduk kembali sebentar lalu angkat, ayam siap disajikan. 






No comments:

Post a Comment