Monday, July 29, 2013

Resep bakso daging versi kedua

Kali ini aku coba buat bakso tanpa menggunakan tambahan ayam dan hasil nya makyus dan daging nya bener2 terasa, bakso nya memang tdk sekenyal kl pake ayam tp tetap kokoh nah bagi yg penasaran dgn cara membuat bakso nie resep nya boleh diliat:

Bahannya : 

Daging sapi 500 gr ( tanpa lemak) 
150 gr es batu kecil2 ( kl tdk ada pake air es yg dingin banget) 
50 ml putih telur
3 siung bawang putih iris tipis lalu goreng ( aku pake yg sdh jadi ) 
7 siung bawang putih haluskan
2sdt garam
1/2 sdt soda kue ( pake baking powder ) 
100 gram tapioka or sagu tani ( aku pake tapioka jd 150 gram, tepung disesuaikan aja krn kan jenis tepung beda2 )

Caranya : 
1. Potong2 daging kecil2 biar gampang di food prosesor nya or di blender nya , mskkan daging bersama 1/2 es batu lalu blender sampai halus ( aku pake sdkt2 dulu krn takut panas blender nya ) 
2. Setelah halus masukkan putih telur, bawang putih halus, bawang putih goreng, garam , dan sisa es batu giling lagi sampai halus kembali.
3. Setelah slesai masukkan tapioka / sagu tani bersama soda kue ( baking powder) giling lg sampai adonan spt pasta.  ( adonan lembut dan mulus .
4. Rebus air sampai mendidih kl sdh mendidih matikan kompor or kecilkan api ( aku sampai kecil sekali api nya) yg penting air sdh tdk mendidih. 
5. Bentuk adonan bulat2 dengan bantuan sendok or kepalkan tangan lalu tekan antara ibu jari dan jempol maka akan terbentuk pentol2 bakso yg bgs lakukan sampai adonan hbs
6. Biarkan bakso sampai mengapung kl sdh mengapung smua baru besarkan api biarkan mendidih agar bakso matang merata sekitar 5 mnt saja. 
7. Siapkan air dingin tuk merendam bakso yg sdh matang stlh itu tiriskan . Bakso siap disantap.





Resep ini aku ambil dari dapur nya bunda nadifha ( ordinary kitchen), 

No comments:

Post a Comment