Wednesday, July 31, 2013

Resep zuppa sup

Kapan hari anakku yang bungsu pingin dibuatin zuppa sup, waduh pdhl aku lupa2 inget ama nie resep dulu wkt msh di indo, sering bikin akhir nya mulai pencarian di emak google yg pinter, walah byk bgt sih resep2 tentang zuppa sup bertebaran, tapi dr sekian byk aku ky nya jatuh hati sama resep nya mba rieke, apalagi pas aku liat isi kulkas nya cuma ada sosis, ayam sama wortel ya sdh aku nekatin aja  deh daripada hrs muter2 dulu cari bahan yang lain. Kebetulan kl susu envaporated tersedia trs dirmh. Jd resep nya udh aku modif sesuai bahan yg ada.  Yuk qta mulai beraksi di dapur tercintaku...

Bahan: 
1 kotak kulit puff pastry yg sdh jd ( males bikin nya ) 



300 gr ayam filet ( kebetulan ada sisa segitu, aku potong kecil2 spt dadu ) 
1 buah sosis sapi ( aku potong kecil2 biar enak makan nya) 
1 buah bawang bombay ( aku cincang halus) 
3buah bawang putih ( geprek trs aku cincang halus) 
1 liter air 
1 buah wortel ( aku potong bentuk dadu) 
200 ml susu envaporated
2 sdt gula putih
2 sdt bumbu kaldu rasa ayam
11/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
5 sdm terigu 
2 1/2 sdm butter 
 
Olesannya : 
1 kuning telur

Caranya : 
1. Panaskan butter lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay aduk biarkan sampa layu dan wangi setelah itu masukkan terigu aduk rata agar bercampur dengan bumbu bawang nya setelah itu kecilkan api lalu masukkan air sdkt2 sampai habis.
2. Setelah itu masukkan ayam aduk rata   kmdn masukkan wortel dan sosis  aduk biar kan matang lalu  beri bumbu merica, gula, garam, kaldu bubuk aduk kembali , terakhir masukkan susu envaporated aduk kembali  ( biar susu tdk pecah ) setelah  mendidih  sebentar matikan kompor lalu angkat. 
3. Penyajiannya masukkan cream sup kedlm mangkuk  ( jgn terlalu penuh isi nya )  tutup dengan puff pastry beri olesan kuning telur kmdn bakar dengan suhu oven 392 F or 200  celcius biarkan matang kecoklatan lalu angkat dan sajikan.  


Note : jika ingin puff pastry nya menjulang tinggi bisa dgn cara masukkan cream sup yg msh panas krn  suhu panas cream sup akan cepat membantu puff pastry berkembang. 
Jika memasukkan cream sup sdh dingin jg tdk apa ( aku jg sdh dingin dan puff pastry tetap menjulang tinggi) itu lbh baik karna panas oven akan membuat cream sup mendidih perlahan dan akan membuat puff pastry berlapis2. 

Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment