Tuesday, November 26, 2013

Cheese Stick ( versi 2 , ini pake Tapioka)

Kali ini gw coba bikin lg cheese stick dengan menggunakan tapioka, ternyata hasilnya renyah dan kokoh trs gw banyakin keju jd ngeju banget , resep ini bener2 oke karna pas goreng nie cheese stick minyak  nya nggak berbusa seperti yang dulu2 kalau gw bikin cheese stick , mungkin karna pemakaian putih telur tanpa kuning nya sama mentega cair sehingga membuat cheese stick ini renyah banget dan kokoh , kapan2 kl bikin lg cheese stick ini aku pake resep yg ini aja karna cocok bgt dan eunak .. ( muji sendiri sambil jingkrak2 ala Dora ) . Yuk buat semua nya yang pingin bikin ini resep nya hasil comot sana sini ...


Bahannya : 

300 gram tepung terigu protein sedang , kl di indonesia ( gw pake all purpose ) 
75 gram tapioka 
50 ml putih telur ( kira2 2 putih telur nya ) 
50 gr mentega blueband ( merk cosco pengganti blueband kl di USA ) cairkan tp jgn sampai cair bgtnya ( aku tadi di mikrowave aja dan msh ada sisa mentega nya .) 
150 gr keju cheddar 
250 gr keju gouda / edam 
1 sdt bubuk kaldu rasa ayam ( boleh di skip ) 
Air secukup nya 
Minyak goreng secukupnya 


Caranya : 

1. Campur putih telur dan mentega cair aduk rata, lalu masukkan tepung terigu sedikit2 sambil di aduk rata lalu masukkan keju , tapioka dan bubuk kaldu rasa ayam lalu uleni dengan diberi air sedikit 2 sampai adonan kalis dan bisa di pulung . 

2 kemudian ambil adonan kira2 sebesar bola tenis lalu giling dengan gilingan mie no. 4 lakukan sampai adonan licin dan keju jg tidak bergerindil lagi ( lakukan sampai 3-4 kali gilingan ) kmdn potong adonan menjadi persegi ( biar gampang pas di cetak pada alat pemotong nya ) 

3. Pindahkan cetakan mie ke bagian pemotongan lalu masukkan lembaran 2 yang tadi lalu giling maka akan didapat adonan cheese stick yang panjang2 yang siap tuk di goreng , biar tdk bertumpuk lakukan pemotongan sdkt2 . 

4. Panaskan minyak goreng  yang cukup agar cheese stick teremdam minyak , lalu  masukkan potongan2 cheese stick tadi ( ssebaiknya menggorenggya sedikit2 biar hasilnya bagus tdk bengkok2) goreng sampai kuning keemasan lalu angkat , dinginkan baru simpan cheese  stick dalam  toples kedap udara. 

selamat mencoba. 



No comments:

Post a Comment