Sunday, November 10, 2013

Resep Bandeng presto

Dari kemarin ( 10/11 / 2013 ) snow turun lumayan deras, dibarengi sama hujan komplit deh qta jd diam aja di rmh nggak kemana2 karna snow baru aja turun jd msh takut buat nyetir krn licin , untungnya persediaan makanan mentah sdh byk jd tinggal mengolah aja, 2 hari lalu gw sempet ke Asia Grocery dan gw dapat milk fish ( bandeng ) mana nie ikan gede2 banget dan msh seger lumayan deh, emang gw lg pingin bikin bandeng presto ala semarang itu  kangen nie ama ikan presto juwana , mulai deh bergoogle ria tuk mencari cara membuat presto tsb dr sekian byk resep yg bertebaran , akhir nya gw campur sari aja deh tuh resep2 yang ada , yuk qta mulai nie resep nya : 


Bahannya : 

800 gram milk fish ( gw pas banget 1 ekor ikan ukuran gede deh 800 gr) , bersihkan sisik nya dan buah kotoran didlmnya , potong jadi 5 bagian krn ikan terlalu besar jd aku potong2 biar muat di pancinya . 
2 lembar daun pisang 
2 1/2 sdt fermifan or yeast ( ragi ) 
Garam secukupnya 
Sereh secukupnya digeprek ( aku pake 1 batang dibagi 5 bagian ) 
Air 750 ml 
2 sdm minyak goreng 


Bahan yang dihaluskan : 

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar 
1 kunyit ( kira2 5 cm ) 


Pelapisnya : 
1 - 3 butir telur kocok lepas ( tergantung ikan yg akan digoreng seberapa byk ) 
1 sdt tepung beras ( 1/2 sdt tepung beras jika telur nya 1 ) 
50 ml air matang ( 25 ml aja ) 
1/2 sdt garam

Caranya: 

1. Setelah ikan dibersihkan lalu lumuri dengan bumbu halus, beri fermifan or yeast , garam , minyak goreng aduk rata, setelah itu diamkan slama 2- 3 jam biar bumbu meresap. 

2. Siapkan panci presto lalu lapisi dengan daun pisang terus susun ikan bandeng lalu  beri diatas nya sereh kmdn tutup lagi dengan daun lalu simpan sisa ikan lalu beri lagi sereh lalu banjur dengan air kemudian masak dengan api besar biarkan sampai panci mendesis kl sdh mendesis biarkan 20 menit lalu matikan kompor biiarkan panci sampai hilang uap nya baru buka . 

3. Biarkan ikan dingin dulu agar gampang diangkat tdk hancur . 

4. Setelah dingin jika mau langung dimakan lumuri dengan kocokan telur lalu goreng  dengan api sedang , goreng sampai kuning kecoklatan , stelah itu angkat . Ikan siap di hidangkan dengan sambel terasi dan lalap serta nasi panas , muantap deh . 



Selamat mencoba . 


Nah ini milk fish ( bandeng presto yg baru mateng ) tinggal di kasih bahan pencelup aja besok . 



Nah aku pake yeast aja 

1 comment: