Friday, November 15, 2013

Resep Cenil warna warni tepung tapioka

Pagi tadi karna kehabisan roti ( lupa beli bgt ) buat bekel c bungsu, akhir nya emak nya beride ria buat bikin nie cenil sebagai bekal nya ( maaf nya ' de hari ini menu nya indonesia raya , hihihi) habis anak itu kan susah banget buat makan makanan indonesia ( kayanya bawaan lagi di perut deh , dulu lg hamil c bungsu emaknya kagak doyan ama makanan indonesia apalagi nasi makanya nie anak jd keterusan ampe skrng , 😃) tapi kadang 2 emaknya suka ada pemaksaan jg buat mengenalkan makanan asli indonesia biar dia tetap bangga ama Negara nya , mana lagi skrng dia lupa kalau disuruh nulis pake bahasa Indoesia , jadi gw sebagai emaknya wajib setiap hari ngajarin nulis lg pake bahasa Indonesia ( kan bagus kalau bisa beberapa bahasa ...iya nggak ? ) untung kl bicara bahasa indonesia msh bisa . Eh knp gw jadi cerita kemana2 , oh iya ini makanan adalah favorit gw bgt waktu kecil krn rasa nya yg kenyal kenyil gitu trs dibanjur ama gula merah cair sama taburan kelapa parut , enak buat teman minum teh pait deh kl pagi2 , ini salah satu kuliner Indoneia dan kayanya skrng udah jarang nemuin jg makanan ini . Apalagi dengan warna 2 yang bikin ngeces buat nyomot....yuk deh qta mulai aja resepndan caranya , gampang kok. 


Bahannya : 
By maya 
150 gram tepung tapioka 
125 ml air 
Sejumput garam 
50 gr -100 gr kelapa parut ( kukus dengan daun pandan, gw pake kelapa kering trs gw banjur air trs gw mikrowave , ini buat emak2 males ky gw ) 
Pewarna makanan merah, hijau , kuning ( bebas mau warna apa aja ) 


Kinca gula merah  ( gw bikin sdkt aja ) 

50 gram gula merah ( sisir ) 
150 mili air 
Daun pandan 1 lembar 


Caranya : 

1. Masak air sampai mendidih lalu angkat kmdn banjur pada tepung tapioka ( ky nya kl pake santan enak lbh gurih , gw blm coba sih ) beri garam uleni sampai bisa di bentuk nya , lalu bagi 4 adonan kmdn setiap adonan beri pewarna makanan , aku 3 dikasih warna 1 nya lg tetap putih .setelah gulung gulung kmdn potong sekitar 3 cm deh kmdn rebus dengan air mendidih jika sdh mengapung angkat lalu taburi dengan kelapa parut dan banjur dengan kinca gula merah, cenil siap tuk di santap. 


Note: ini hrs lgs dimakan kl didiamkan suka jd keras . ( mungkin krn tapioka kl tepung beras lbh kenyal dan tdk cpt keras ) 


Nah ini penampakan cenil tapioka ... 
Setelah diguyur kinca gula merah ... 

1 comment:

  1. kebetulan di rumah ada tepung tapioka nganggur..
    coba di bkin cenil dah
    ty resepnya..
    visit back ash princess kawaii

    ReplyDelete