Saturday, November 16, 2013

Resep Membuat Gethuk Singkong

Weekend gini biasa kerjaan gw berkutet di dapur kesayangan , hbs cuman nie tmpt yang paling bikin asyik kl lg dirmh gw bisa menciptakan aneka makanan or mencoba resep2 yang berseliweran di mbah google , kali ini gw pingin nyoba bikin gethuk sama alat penggilingan daging , tapi sayang alat giling nya krng bagus kl dipake buat bikin gethuk akhir nya gethuknya gw bikin gambar Peri aja deh daripada tdk tercipta , rasa nie gethuk eunak tidak terlalu manis , cukup deh . Ternyata negara ku itu banyak banget makanan dari sgala bahan bisa diolah menjadi suatu makanan, orang Indonesia memang pinter2 tapi knp nggak bisa maju nya ? Gw pingin banget bisa ngenalin makanan 2 khas Indonesia pada negara2 lain ( baru punya keinginan doang blm bisa terwujud ... 🙇) , khayalan tingkat emak2 nganggur ... Hihihihi, yuk ah qta mulai aja soalnya ntar kebanyakan ngalor ngidul nya . 


Bahannya : 

454 gram singkong ( ini aku pake singkong  frozen dr Asia Grocery  , mknya jumlah nya segitu ) 
100 gr gula putih 
100 gr gula merah ( aku pake gula merah bubuk, ini ada di Asia grocery ) 
1sdm vanili 
200  gram kelapa parut ( aku pake yang kering trs aku campur air secukupnya asal basah trs aku mikrowave aja males ngukus, bagi dua nya : 100 gr tuk campuran singkong, 100 gr lg tuk taburan gethuk) 
Garam secukupnya . 


Caranya: 

1. Kukus singkong sampai empuk ( gw lupa brp menit waktu mengukus , bisa sekalian ngukus kelapa jg ) , angkat kemudian masih dalam keadaan panas singkong tumbuk ( aku pake food procesor ) kl nggak punya bisa pake ulegkan aja setelah halus campur dengan kelapa kukus aduk or uleni sampai tercampur. 

2. Kemudian singkong bagi 2 bagian ( berat nya setelah dicampur kelapa jd 600gr ) satu beri gula putih lalu uleni sampai tercampur rata lalu sisihkan. , adonan satunya beri gula merah , uleni sampai tercampur rata , setelah itu cetak  masing2 adonan sesuai slera ( aku yg putih tadi coba pake gilingan daging tp kurang memuaskan bentuk nya ) kl yg coklat aku bentuk seperti peri lakukan sampai adonan habis lalu taburi dengan parutan kelapa , gethuk siap disantap dengan teh hangat . 


Selamat  mencoba . 

Note : kl mau pake pewarna boleh saja , aku tadi lg pingin warna coklat dan putih aja. 

Nah ini gethuk Model Peri .. Yang putih tadi gatot jd tdk di foto .. 😊

No comments:

Post a Comment