Thursday, November 28, 2013

Resep ikan asap galunggong santan cabe hijau .

Kapan hari gw iseng beli nie ikan , bentuk nya kaya ikan asin tapi dia di asap jadi wangi asap kerasa banget, udah beli gw bingung mau dimasak apa ( hbs tadinya gw pikir ikan asin yg diasap ternyata bkn ) lama tuh bungkusan cuman gw pandangi aja nyari ide nggak nemu2 sampai akhir nya pada tingkat kepasrahan gw liat ada cabe ijo, tomat hijau nangkring didapur ( dan nie cabe udh mau berwarna kuning jd kudu buru2 di olah ntar busuk sayang deh , emak2 pelit banget deh ..hihihihi) . Akhirnya bokar2 kulkas eh nemu tahu satu kotak ( kebiasaan emak2 kl belanja lupa ) setelah semua di letakkan di meja dapur baru deh mikir kayanya nie ikan enak nya dibikin bumbu santan sambil dikasih cabe hijau yang banyak biar pool pedas nya dan dikasih santan kayanya rasa smoked nya bakal ilang ( ilmu kira2 sambil komat kamit biar lulus prediksinya ...hihihihi) ternyata teman2 emang bener ilang bau asapnya dan yang ada rasa eunak apalagi dimakan sama nasi hangat yang mengepul wah tambah lupa ada mertua lewat ....hihihi. Apalagi pedas nya yang bikin mata merem melek Top deh ( kl nggak suka pedas bisa di kurangi kok ) cuman sayang nie ikan banyak bgt duri nya jd makannya perlu ati2 banget , cuman yang bikin hati ini senang ternyata Suami daku suka ama masakan ini , padahal dia kan paling susah kl disuruh makan ikan , kl nggak garing mana mau. Penasaran kan yuk qta intip caranya ( Gr bgt nya aku , emang ada yg penasaran gitu ....kynya kebanyakan nonton Bang haji Rhoma jd Penasaran mlulu...hihihih) tp maaf nya makanan nya nggak sempet difoto krn kelupaan ...kpn2 kl bikin lagi gw cantumkan deh fotonya . 

Bahannya : 

1 bungkus ikan asap ( galunggong smoked , ini ada di Asia Grocery, aku cuman pake 4 ekor isi nya kl tdk salah ada 6 ) , boleh ikan jenis apa aja tdk hrs galunggong . 
8 cabe hijau iris menyerong 
5 buah cabe rawit ( biar jd pedas , kl nggak suka bisa di skip ) 
2 buah tomat hijau , bagi 4 ( sesuai slera aja nya ) 
250 ml santan cair ( krn gw pake santan instan jadi 150 ml santan kental aku campur dgn 100ml air ) 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
Petai beberapa biji ( ini kl suka , kl nggak skip aja.)
2 buah tahu putih potong menjadi 4 bagian lalu goreng 1/2 garing 
5 siung bawang putih iris tipis
3 siung bawang merah iris tipis 
1sdt bubuk kaldu ayam ( chicken powder ) 

Caranya : 

Panaskan wajan dengan api sedang lalu beri minyak goreng sekitar 5 Sdm , kmdn masukkan bawang merah, bawang putih masak sampai harum , setelah itu masukkan cabe hijau, cabe rawit hijau / merah ,aduk rata setelah itu masukkan ikan asap dan tahu goreng  aduk 2 biar bumbu merata lalu beri santan biarkan sampai mendidih, trs beri garam, gula , petai , dan bubuk kaldu ayam ( chicken powder ) , cicipi rasa nya  , kl krng boleh ditambah bumbu spt garam, gula dan  terakhir masukkan tomat hijau , aduk rata , lalu angkat. Sajikan dalam mangkuk saji. Ikan asap santan ini siap dinikmati . 

Slamat mencoba 

No comments:

Post a Comment