Thursday, November 7, 2013

Resep Batagor Udang Ayam ala Maya Alaska

Hari ini gw mau bikin batagor ala Riri bandung yg terkenal itu , selain batagor kinsley ( kl disuruh pilih gw lbh suka batagor riri lbh berasa dan eunak tp semua tergantung selera masing 2 sih ) kalau jauh dari tempat tinggal emang segala pingin nya padahal wkt di Bandung gw lbh suka batagor abang2 yg suka mangkal di sekolah anak gw lbh gurih ( byk vetsin nya kali nya .. Hihihi) ama siomay yang suka mangkal di primarasa ( itu si engkoh baik bgt and rada bawel tapi nya ) siomay itu eunak bgt deh apalagi bumbu nya makyus , kerjaan gw kl pagi2 hbs anter anak2 dan selesai olah raga pasti keliling cari makanan sendiri aja tanpa teman2 , hbs suka rada rempong kl ama emak2 ... 😊eh kok gw jd melantur nie, yuk deh qta mulai aja menulis resep nie batagor dan mencoba praktek nya ... 

Bahannya : 

200 gr udang gala 
150 gr ayam 
Garam secukupnya 
1/2 sdt bubuk kaldu ( optional ) 
2 batang daun bawang iris halus
1/2 sdt sesame oil ( minyak wijen ) 
6 / 7 sdm tepung tapioka . 
4 buah tahu putih potong diagonal
17 kulit siomay 
1 butir telur 

Pelengkapnya : 
Kecap manis
Jeruk limo 

Caranya : 

1.campur ayam dan udang , giling dengan food prosesor ( blender ) giling sampai halus , simpan di wadah ( bowl) . Sisihkan 

2. Udang dan ayam yg sudah di giling beri minyak wijen, garam, telur , bubuk kaldu ayam, tapioka campur , irisan daun bawang lalu  aduk rata dengan spatula . 

3. Ambil tahu keruk tengah nya sehingga tahu menjadi bolong lalu isi dengan adonan sekitar 1-2 sdt adonan , lakukan sampai tahu habis . Setelah itu tahu yang tdk terpakai ( sisa kerukan td ) campur dengan sisa adonan lalu masukkan kedlm kulit siomay, lakukan sampai kulit siomay dan adonan hbs . 

4.kmdn kukus siomay sekitar 25 menit sampai matang, angkat lalu sisihkan , tahu aku nggak kukus karna akan aku langsung goreng biar hasil nya lbh bagus kl dikukus tahu nya nanti lembek. 

5.  Siapkan  wajan beri minyak banyak  panaskan dengan api besar , setelah panas kecilkan api lalu goreng tahu sampai kuning keemasan , angkat . Sisihkan. Terakhir goreng siomay ( ini boleh digoreng boleh tdk krn siomay sdh matang ). 


6. Susun tahu / batagor dan siomay goreng dipiring kmdn siram dengan bumbu kacang , beri kecap dan perasan jeruk limo . Batagor ala maya siap disantap ... 😊

Bumbu kacang nya : 

150 gram kacang tanah kulit, goreng
4 siung bawang putih digoreng
2 buah cabe merah ( aku buang biji nya ) 
Gula merah secukupnya
600 ml air hangat

Caranya : 

Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, cabai merah, gula merah, garam dalam blender , setelah halus pindahkan bumbu kacang ke panci kecil beri air hangat ( 600 ml air hangat ) masak bumbu kacang ini sampai kental , angkat nah bumbu kacang siap di gunakan tuk batagor . 


Nah ini adonan batagor ala maya 
Nah ini batagor yg siap di goreng
Nah ini siomay yg sudah dikukus 
Nah ini hasil yg di goreng ...
Ini yg di beri bumbu kacang .. 

1 comment: