Monday, November 4, 2013

Cara Membuat Bakso Isi Ayam Pedas

Kali ini gw pingin eksekusi yang namanya bakso isi, tapi kali ini gw bikin bakso isi ayam pedas kl orang bilang mercon karna kl makan bisa meledak2 di mulut ... Hihihi and bikin mata melotot sangking pedas nya , biasa nya orang bikin bakso isi telur tapi kali ini gw mau bikin yang lain , kapan2 jg gw mau bikin bakso isi daging cincang atau ati ( kaya bakso yang di cimahi enak bakso nya isi ati ) , kalau dengar bakso rata2 semua pasti suka karna ini makanan favorit banget disetiap tempat pasti ada , gw paling senang makan bakso abang2 kl yang direstoran gw krng begitu suka karna bakso nya krng menggigit kecuali bakso di Tasikmalaya itu enak banget apalagi pake sambel saos yang bawang putih nya kerasa  banget deh ... Jd ngeces gw kalau inget bakso ditasik ..kelamaan ah yuk qta mulai aja bikin nie bakso . 

Bahannya : 
300 gram daging ( gw pake yang udah di cincang ) 
60 gr tapioka / sagu 
60 gr es batu yang udah hancur 
2 sdm bawang merah goreng ( gw pake yg udh jadi aja beli di toko Asia ) 
2 sdm bawang putih goreng ( gw pake yg udah jadi beli di toko Asia ) 
1 sdt garam 
1/2 sdt merica bubuk 

Bahan untuk isi nya :,

150 gram ayam dada nya / ayam cincang ( gw ayam nya d chop aja ) 
3 siung bawang merah gw iris halus kecil 
5 siung bawan putih iris halus kecil
100 gr cabe rawit merah, haluskan ( gw cuma di chop aja lbh menggigit pedas nya , ini kl krng pedas bisa tambah lagi nya) 
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk 


Cara membuat isinya : 
 
1.  Panaskan minyak sekitar 3 sdm , kmdn masukkan bawang merah dan bawang putih ( tumis ) aduk sampai tercium harum/ wangi , kemudian masukkan cabe rawit yang sdh di haluskan aduk rata sampai harum lalu masukkan ayam giling aduk2, beri air sedikit ( 50 ml ) aduk rata , biarkan sampai ayam berubah warna dan matang ( sampai airnya kering nya ) kmdn angkat dan sisihkan . 

Cara membuat bakso : 

Giling daging dlm food prosesor ( aku lbh merekomended pake ini kl pake blender krng bagus hasil nya ) bersama dengan tepung tapioka, garam, merica, bawang goreng, bawang putih dan 1/2 es batu giling sampai halus nah kl blm halus bisa tambahkan sisa es batu nya giling kembali kl sdh halus matikan food prosesor kmdn pindahkan gilingan daging yang sdh dicampur tadi kedlm wadah. 

Panaskan panci isi dengan air secukup nya, biarkan sampai medidih kl sdh mendidih kecilkan api ( karna biar didapat hasil yang mulus air jgn menggolak2 pas dimasukkan bulatan2 bakso ) 

Ambil segenggam adonan lalu bulatkan kemudian pipihkan , beri isian bakso ( ayam yang sdh dibumbu tadi ) sekitar 1 sdt saja kmdn bulatkan kembali adonan tuk menutupi isi bakso tadi setelah itu masukkan kedlm panci yang tadi sdh mendidih , lakukan ini sampai adonan habis , biarkan bakso sampai mengapung bertanda bakso ini sdh matang . Angkat , dinginkan dan simpan dlm ziplok or wadah kedap udara kmdn simpan dlm frezzer ( ini bisa tahan 3 bulan ) . 


Selamat menikmati dan mencoba 



Nah ini hasil nya bikin ketagihan dan bikin melotot krn pedaaaas . 

No comments:

Post a Comment