Friday, November 22, 2013

Resep Ayam Kodok

Kl baca judul nya ini bkn ayam isi kodok lho ..hihihi, tapi ini ayam bentuk nya ky kodok , tp rasa nya enak deh apalagi di makan pake saus, kentang goreng dan setup sayuran muantap bgt. Sebenar nya dari kapan pingin banget bikin ini tp srlalu tertunda krn sepertinya susah dan tingkat kemalasan gw jg lg tinggi , tp hari ini tingkat penasaran mengalahkan tingkat kemalasan , jd aja gw mencoba mempraktekkan nya ... Ooh ternyata gampang bgt nggak sesulit yg aku bayangin, dari hasil nya sangat memuaskan krn anak2 dan suami sangat menyukai nya , yeah kagak sia2 deh bikin nya .. Kl bisa sambil goyang2 ala dora  saking senang nya krn berhasil .. Hihihihi, waktu bikin ini gw ngerjain nya malam2 kaya dokter yang mau operasi   aja, mana jarum yang dipake buat jahit nya lubang nya kecil banget ampe tuk masukkin benang gw perlu bantuan anakku yang cewek ...( maklum udh tua jd krng awas ama benda kecil ...😃) tapi dari kerja kerasku dan hasil eksekusi dan penasaran ku akhir nya slesai dengan sukses dan bikin gw pingin nyanyi lagu kesuksesan ...( ngarang bgt nya emang ada lg kesuksesan gitu ...😃) akhir nya cuman jingkrak2 gaya Dora , berhasil, berhasil ...hihihi. Kelamaan nya ceritanya ayo qta mulai aja cara nya bikin nie ayam kodok ... 


Bahannya : 

1 ekor ayam ( kmrn gw pake yg uk.nya gede kl ada yang sedang mending yang sedang aja sekitar 1 kg kl berat ayam nya hanya 1 kg bahan2 yang dibawah tinggal bagi 2 aja nya . ) 
800 gram daging ayam cincang ( ini aku ambil dari ayam yang tadi aku ambil kulit nya, tinggal di sayat aja dagingnya dan buang tulang nya or simpan buat bikin sup , emak2 ngirit ..😃) 
4 butir telur rebus , sisihkan 
500 gram daging sapi cincang
12 lembar roti 
200- 300 ml susu cair ( ini bisa dikurangi / ditambah krn fungsi nya hanya tuk merendam roti spy halus) 
3-4 butir telur ( kl uk. Besar cukup 3 aja ) , kocok lepas 


Bumbu yang dihaluskan : 

2 sdt merica bubuk 
1 butir pala
10 siung bawang merah kecil 
10 siung bawang putih 

Bumbu lainnya : 

3-4 sdm kecap asin 
2 sdm saus Tiram
1 1/2 sdt  garam ( ini bisa dikurangi krn sdh pake kecap asin ) 
2 sdt bubuk kaldu ayam ( ini bisa di skip kl tdk suka ) 

Bumbu tuk pengoles ayam pada saat akan dipanggang : 

4 sdm kecap manis 
2 sdm kecap asin 
1 sdm margarine cairkan 
11/2 sdm madu 

Bahan tuk olesan ini campur semua lalu aduk rata , sisishkan . 


Cara membuat nya : 

1. Siapkan ayam dimeja datar , lalu bersihkan ayam ( aku gosok 2dengan menggunakan garam halus spy ayamnya rada2 mengkilap dan cakep ...😃.setelah bersih lalu ayam bersihkan dengan air yg mengalir , nanti akan didapat kulit ayam yg kesat dan mengkilap. 

Kmdn siapkan pisau dapur yang tajam kl ada yg ukurannya kecil biar gampang pas menyayatnya dan gunting kecil ( ini fungsi nya tuk menggunting /melepaskan kulit nya ) tapi kebetulan ayam disini gampang banget dr fozen trs kita biarkan beberapa jam sampai ayam lembek baru lakukan proses pengulitan . 

2. Untuk melepas kulit ayam ini aku mulai dari bawah yang terbuka , lalu lepaskan hati2 dan pelan2dgn menggunakan pisau, gunakan jg jari kita untuk masuk kedlm kulit ayam dan lepaskan dengan hati2 jaringan dibawah kulit ayam tsb, kl sulit gunakan gunting . 

3. Lakukan jg pelepasan kulit ini dari dua arah yaitu bagian atas yang terbuka ini untuk memudahkan jari tangan kita menjangkau bagian tengah . Kmdn potong sendi antara sayap dgn badan menggunakan pisau , biarkan sayap ayam utuh lakukan pada kedua sayap . 

4. Setelah bagian badan telah lepas keluarkan badan ayam dari sayatan dibawah , setelah itu kita akan melepaskan bagian paha hingga menyentuh bagian bawah , potong bagian sendi paha bawah yg tersambung dengan paha atas , lakukan hal in pada kedua paha ,( jd yg tersisa dr paha hanya ujung nya saja )  setelah bagian badan ayam telah terlepas dari kulitnya pisahkan , simpan dimeja lalu rapikan  sehingga kulit ayam terbentang , kmdn jahit kulit yang sobek2 dengan benang jahit , jahit jg bagian leher karna kita akan memasukkan isi lewat bawah ayam . Tutup rapat kulit ayam dlm mangkuk biar kulit tetap lembab.,sisihkan 




Nah seperti ini setelah ayam di keluarkan , maaf yg bisa ke foto hanya ini krn nggak ada yg bantu foto pas proses nya . Paha ini nanti nya dipotong sisakan ujung nya saja 


Bahan isian : 

1. Lepaskan daging ayam dari tulang2 nya lalu timbang aku dapat 800 gram daging ayam ( tulang nya simpan buat bikin kuah sup kpn 2 ), trs cincang daging ayam ini dengan food prosesor sampai lembut 
Sisihkan . 

2. Kemudian rendam roti dengan susu lalu remas 2 hingga hancur jika roti kurang basah tambahkan kembali susu biar didapat roti yang basah tdk kering . 

3. Ambil mangkuk lalu campur daging ayam cincang dengan daging sapi cincang , telur yg sh dikocok lepas , bumbu halus dan roti yang sdh diremas dgn susu tadi aduk rata , kmdn beri kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk ( jika tdk suka bisa di skip ) dan garam , aduk rata cicipi rasa nya jika kurang asin tambahkan kecap asin . 

4. Setelah bahan isi dibuat lalu ambil kulit ayam lalu bentangkan di talenan or meja datar , mulai kita masukkan adonan isi , masukkan setengah adonan dulu lalu tekan dan dorong kearah atas hingga isu menjadi padat , lalu masukkan 2 telur rebus ( satu untuk sisi kanan sayap dan satunya lg tuk sisi kiri sayap ) . 

5. Setelah itu masukkan sisa isi adonan yang setengah lagi sama tekan dan dorong kearah kedua sisi paha dan badan ayam , lalu masukkan 2 butir telur rebus kedlm nya padatkan adonan dan rapikan jika ada yang sobek jahit bagian2 yang sobek setelah rapih baru jahit bagian bawah ayam dengan benang jahit sampai rata dan tertutup rapat .

6. Balikkan ayam kmdn rapikan lalu simpan pada kotak almunium foil kmdn kukus ayam dengan api sedang slama 40 menit atau sampai ayam matang , jgn terlalu lama jg mengukus nya krn kulit ayam akan pecah dan rusak , kl sdh matang langsung matikan kompor dan angkat kotak almunium foil . 
( pada saat pengukusan akan didapat kaldu ayam ini bisa digunakn tuk membuat saus coklat , aku karna dpt nya sdkt jadi aku campur air hangat menjadi 500 ml ) 

7. Setelah ayam dingin kmdn ayam siap tuk dipanggang lalu olesi ayam dengan bumbu pengoles sampai merata permukaannya, lalu panggang dengan oven dgn suhu 350 F selama 15 menit sampai ayam coklat keemasan dan terlihat mengkilap, keluarkan ayam dr oven lalu olesi lagi dgn sisa bumbu pengoles lalu panggang lagi selama 5 mnt saja , angkat . Sajikan di piring saji . 

Untuk saus coklat : 
1 sdm margarine 
5 siung bawang putih cincang halus 
1 buah bawang bombay cincang halus 
500 ml air kaldu 
2 sdt merica hitam butir tumbuk kasar 
1 sdt merica putih 
1 sdt kaldu bubuk ( skip jika tdk suka ) 
1 butir pala yang kecil ( kl yg besar 1/2 aja ) haluskan 
3 sdm kecap manis
11/2sdm  kecap asin 
2 sdm maizena cairkan 
3 sdm saus tiram 
 Caranya : 
1. Panaskan wajan lalu masukkan margarine biarkan sampai mencair dan panas lalu masukkan bawang bombay, bawang putih masak sampai harum dan kecoklatan setelah itu masukkan air kaldu ; 500 ml ) masak sampai mendidih , lalu beri merica bubuk putih, merica hitam. Saus tiram. Kecap asin , kecap manis , pala bubuk , kaldu bubuk aduk rata terakhir masukkan cairan maizena , masak sampai kental dan cicipi rasa nya kl krng tinggal tambah2 aja . Angkat simpan dlm mangkuk sisihkan . 

Pelengkapnya : 
Wortel rebus beri gula putih secukupnya , masak sampai matang , angkat sisihkan
Buncis sama cara nya dengan wortel 
Kentang goreng 

Penyajiannya : 

Potong2 ayam kodok ( sesuai selera ) susun dalam wadah ( piring ) lalu beri saus coklat dan lengkapi dengan sayuran dan kentang goreng . 

Selamat menikmati dan mencoba . 


Nah ini hasil nya ayam kodok pengganti turkey ... 

Ini dalam nya ayam kodok 
Ini pelengkapnya 

No comments:

Post a Comment