Wednesday, November 13, 2013

Resep Bumbu Pecel

Hari ini sembari menunggu magrib tiba, gw mau bikin pecel ah buat buka puasa lumayan kaya nya enak, nah gw pingin bikin bumbu pecel yang enak yang ky mbakyu2 or bumbu 2 yang suka orang 2 bikin yang rasa nya makyus, coba2 cari di google, akhir nya dapa di blog nya susilo ( makasih nya udah kasih tahu cara nya bikin bumbu pecel yang enak ) ternyata bikin bumbu pecel yang Pas itu gampang banget cuman yang cape pas mensangrai kacang nya ( krn kacang nggak digoreng pake minyak ) ini yang bikin bumbu pecel ini makyus banget , cobaain deh bikin pasti ketagihan ...😃, gw bikin kmrn rada byk buat persediaan , akhir nya gw nggak perlu beli lagi tuh bumbu krn skrng gw udah menemukan formula nya yang Siiip bgt ! Nah buat yang pingin coba dan ngerasain bikin sendiri yuk qta intip cara dan resep nya di bawah ini . ( ada beberapa yang gw ubah berdasarkan cara gw sendiri nya ) 


Bahannya 

500 gram kacang tanah yang msh ada kulit nya ( ini disangrai sampai matang tapi jgn sampai hangus nya ) 
2 buah cabe merah besar 
10 buah cabe rawit merah ( boleh dikurangi kl tdk ingin pedas ) 
1/2 genggam kencur ( 2 buah kencur or 1 sdm kencur bubuk ) 
7 siung  bawang merah or 1 siung bawang merah besar 
5 siung bawang putih 
250 gram gula merah , iris halus ( bisa dikurangi kl tdk ingin manis ) 
Garam secukupnya 
5 butir kemiri 
5 lembar daun jeruk 
Asam kanji beri air secukupnya 


Cara nya : 

1. Sangrai kacang sampai matang tapi jgn hangus nya ( tanda kacang matang sdh berwarna coklat terang ) kmdn uleg or haluskan dengan food prosesor ( mungkin pake blender bisa cuman suka rada2 macet ) sampai kacang berminyak or keluar minyak nya , setelah itu matikan food prosesor lalu sisihkan kacang yang sdh halus benar nya . 


2. Sangrai bumbu ( cabe merah, bawang merah , bawang putih, kemiri, terasi , daun jeruk ) masak sampai cabe dan bawang serta kemiri ada hitam2 nya sedikit tapi bkn gosong nya . Setelah matang masukkan kedlm food prosesor ( blender ) haluskan sampai bumbu halus setelah itu masukkan kacang tanah yang tadi sudah di giling , giling lagi dengan food prosesor sampai tercampur dan halus kmdn masukkan gula merah yang telah disisir dan garam dan air  asam yang telah diberi air  ( 2-3 sdm ) giling lagi ssebentar lalu , angkat dr food prosesor simpan dalam wadah tertutup. Bumbu pecel siap dipakai kapan saja tinggal dibanjur dengan air hangat secukupnya . Bumbu bisa disimpan di lemari es untuk waktu lama . 

Nah ini kacang yg sdh di food prosesor 
Nah ini kacang sdh tercampur dengan bumbu 2 
Eng ing eng ini hasil nya tinggal dibanjur ke sayuran rasa nya makyus ... 

No comments:

Post a Comment