Wednesday, November 6, 2013

Resep Molen Ala Kartika Sari

Hari ini cuaca dingin banget , ternyata suhu hari ini 25 F alias -4 celcius diawal bulan November 2013 tapi cuaca dingin matahari bersinar amat bagus ( aneh kan ...hihihi, itulah Alaska ) , daripada kedinginan karna dirumah cuman sendirian ( anak2 lg sekolah , suami kerja ) jadi enak nya gw didapur biar anget karna masak bikin qta jd anget krn deket kompor ( hihihi) , hari ini gw mau baking ah udah lama jg nggak pernah baking karna lagi kena baking blue , nah sekarang mulai lg deh baking . Kebetulan pas liat kulkas gw masih punya puff pastry (  2 hari lalu beli ) dan punya pisang kepok yang tinggal gw steam , kepikiran deh buat bikin molen ala kartika sari  mumpung lagi mood jg buat bikin nie kue , yuk qta mulai membedah kuliner satu ini yang super Top  di Bandung , ternyata gampang banget bikin nie kue tanpa perlu kocok2 ( pemalasan tingkat dewa ) karna pake puff pastry jadi cuman tinggal isi dan lipat jadi deh molen yang enak ( kata anak2 gw kebetulan mrk suka )  nggak ketinggalan jg kata suami... Kapan 2 gw mau bikin pastry sendiri ah tp kl nggak bentrok ama males ..yuk ah qta mulai aja . 


Bahannya : 

1 kotak puff pastry ( ini bisa beli di wallmart or cars ) 
1 kotak keju cheddar  potong panjang or stick ( kebetulan gw dapat keju yang halal di cars merk Cabbot ) 
1 bungkus meises ( ini nggak kepake semua ) 
1 butir telur kuning nya saja ( kocok lepas campur dengan minyak goreng sdkt saja ) 
4 buah pisang kepok ( bisa pake pisang raja jg kok ) , aku beli pisang yg frozen jd tinggal disteam aja . 


Caranya : 

1. Kukus / steam pisang kepok sampai mateng , kemudian potong2 panjang spt stick ( aku tadi di bagi 4 ) sisihkan . 

2. Puff Pastry potong jadi dua dengan ukuran 10 cm tiap lembar nya ( aku tadi dapat 16 lembar dgn ukuran segitu ) sisa ujung nya aku pake buat bikin cheese stick isi keju . 

3. Potong keju cheddar panjang spt stick 

4. Ambil loyang olesi dengan butter bawah dan sisi nya lalu beri kertas roti diatas nya . ( aku pake loyang dengan ketinggian 4 cm ) 


5  Ambil 1 lembar puff pastry lalu beri potongan pisang dan keju cheddar lalu taburi dengan 1/2- 1 sdt meises kmdn lipat seperti amplop , lakukakn sampai adonan habis nya . 

6. Susun Molen dalam loyang yang sudah dioles dan diberi kertas roti lalu olesi molen dengan kuning telur lalu taburi keju or meises diatas nya . ( jgn terlalu rapat menyusun nya  krn pastry akan  mengembang ) . 

7. Panaskan oven dengan suhu 395 F ( 200 celcius ) lalu masukkan molen kedlm oven  biarkan sampai kuning kecoklatan dan matang , setelah itu angkat simpan dalam rak kue biarkan sampai dingin, molen siap tuk di sajikan dengan secangkir teh panas . 


Selamat mencoba . 


Ini puff pastry yg aku pake 
Ini pisang yg aku pake belinya di Asia Store ( Sagaya) 
Ini step by step melipat nya 

Nanti satu sisi lg lipat ( lupa difoto pas sisi terakhir ) 
Ini molen tabur keju
Nah ini molen tabur coklat 

2 comments:

  1. Salam kenal mbak Maya, saya sedang browsing resep molen terus nyasar kesini. Terima kasih ya, resepnya mudah dan cepat. Saya ijin share di blog juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mba Pungky maafnya baru dibalas , sama2 mba Pungky , silahkan mba kl mau share . terima kasih atas kunjungan ke blog saya .

      Delete