Saturday, November 16, 2013

Resep lapis Singkong Ceria

Nah ini lapis singkong .. Yummy 




Udah beberapa hari kemarin gw nggak nulis2 nie blog , soalnya kemarin baru kedatangan tamu yang sangat jauh dari Indonesia dan Houston, and gw sibuk ngurusin tamu buat bikin masakan ama anter2 ke tempat wisata ( kan tuan rmh yang baik ... Hihihi muji dikit ) , nah sekarang para tamu sdh pada pulang , kembali deh gw nulis lg ( ada yang kangen nggak nya ama tulisan gw .. 😃) . Kebetulan gw hari ini pingin coba bikin   Lapis singkong ceria , sengaja gw namain ini karna warna warni nya ceria banget dan menggoda buat di cicipi , kuliner ini merupakan salah satu kuliner indonesia yang enak rasa nya dan murah meriah dan satu lagi bikinnya gampang banget , aku suka banget ama kuliner ini ( kaya nya gw suka terus deh ama makanan2 indonesia ...😃) nih buat yang pingin coba membuat kue ini resep nya bisa dicontek dan di uji didapur masing 2 ...


Bahannya : 
By. Maya 

800 gr singkong parut (  gw pake 2 bunkus  singkong parut frozen , kebetulan punya nya ini , jd nggak perlu marut 2 lg  ðŸ˜ƒ, ) 
1 bungkus agar2 putih or 1 sdm or 15 ml  / 7 gram 
250 ml santan ( aku campur 50 ml air dan 200 ml santan ) 
200 gr gula putih ( kl tdk suka manis bisa di kurangi  tp mnrt aku cukup ) 
1/2 sdt garam 
1 sdt vanili bubuk 
Pewarna makanan ( merah, hijau dan kuning , bebas aja nya sesuai selera ) 
100 gr kelapa  parut, kukus  ( aku pake klapa kering yang aku campur dengan 50 ml santan lalu aku mikrowave sekitar 2 menit , males ngukus ...😃) 

Caranya : 

1.kl singkong nya frozen diamkan dulu di suhu ruang sampai mencair , lalu campur  singkong parut dengan garam, vanili, agar2 dan santan lalu bagi menjadi 3 bagian dalam mangkuk ( aku setiap mangkuk berisi kurang lbh 250- 275 gram ) setiap   mangkuk campur dengan masing2 warna ( aku pake warna hijau, merah dan orange ) aduk rata . 

2. Panaskan kukusan , kemudian ambil wadah pyrex ( bisa jg pake loyang kotak, sesuai slera aja nya ) kemudian isi dengan adonan singkong yang tadi sdh di bagi 3 ( aku mulai dari warna hijau ) kukus setiap lapis slama 15 menit , setelah matang lapis pertama masukkan lapis kedua  diatas nya lalu kukus  lagi selama 15 menit terakhir adonan warna merah kukus selama 20 menit , setelah itu angkat lapis singkong ini biarkan sampai dingin sekali  setelah dingin baru potong2 lapis singkong ini dengan menggunakan pisau yang dilapis plastik ( agar pisau tdk lengket ) setelah taburi dengan kelapa parut dan lapis singkong siap tuk dinikmati . 


Selamat mencoba . 

No comments:

Post a Comment