Thursday, October 31, 2013

Resep Empek Empek Salmon

Hari ini 31 oktober 2013, pertama kali ibu2 ngadain cooking class  asyik jg dan seru daripada bengong sendirian  and jalan 2 trs sekali2 ngadain acara seperti ini , kls pertama ini dimulai dengan cara membuat mpek mpek salmon dan onde onde , ya walau blm terlalu siip krn tadi pake ilmu kira 2 tapi mnrt aku sdh lumayan tuk kelas pertama ini ...( muji sendiri ) , ya semoga dilain kesempatan akan lbh bagus lagi , nah ini buat ibu2 , teman dan saudar yang pingin coba bikin nie mpek2 boleh intip resep nya di sini , oh iya aku bikin cuko mpek2 yang ini lbh muantap karna aku pake gula jawa dari indonesia yang hitam jadi pas banget kaya cukonya mpek2 candy or lampung punya , tp kl nggak ada jg pake gula merah yang ada aja udah siiip kok. Resep ini bisa jg dgn ikan lain selain salmon . 

Bahannya : 

500 gram ikan salmon ( tadi aku pake 2 potong ikan salmon ) 
10 sdm air es
2 sdt garam 
1 putih telur
3 sdm terigu
150 gram tepung tapioka 

Caranya : 
 
1. Haluskan ikan salmon dengan food prosesor ( kl tdk punya pake blender aja atau pake saringan , kl aku merekomended sebaiknya pake food prosesor karna lbh halus dan tdk perlu digiling pake air ), giling nya biar halus nya , kmdn simpan dalam wadah . 
2. Setelah itu ikan salmon yang sudah digiling, beri air es, garam, putih telur aduk pake spatula setelah tercampur rata masukkan terigu aduk lagi terakhir masukkan tapioka semuanya . 
3. Bentuk adonan sesuai selera saja , selama membentuk adonan jgn lupa tangan dilumuri dengan tepung tapioka nya , kl mau membentuk kapal selam ambil segenggam lalu tusuk dengan telunjuk lalu sisi nya di tekan2  seperti mau membuat cangkir kmdn isi dengan 1/3 telur jgn penuh2 karna akan meleber keluar atau kl ingin msk semua ambil adonannya dua kali dari segenggam tadi nya baru isi dengan satu butir telur mentah . Lakukan sampai adonan habis . 
4. Panaskan panci biarkan air mendidih lalu masukkan adonan yang tadi dibentuk kedlm air mendidih biarkan sampai mengapung dan matang , lalu angkat ,tiriskan.  kmdn mpek siap tuk digoreng dan dinikmati  dengan cuko . 

Cara membuat cukonya : 

250 gram gula merah ( aku pake 1 biji aja , itu gula merah indonesia yang hitam ) 
750 ml air putih
2 sdm ebi disangrai aku pake ebi yang tipis 2 nggak tahu namanya apa krn bungkus nya udh gw buang kmdn dihaluskan . 
1 sdt garam 
50 gram asem jawa 
2 sdm cuka or gani lemon jg nggak apa2 
7 siung bawang putih di choope aja or iris halus kecil2 
1 sdm tong cai 
5 buah cabe rawit ( kl mau ditambah boleh yang suka pedas ) haluskan 


Cara membuatnya : 
1. Rebus air , gula merah ( hrs nya diiris2 tp muales hbs gulanya keras bgt ) sama garam, asam dan cuka masak sampai gula larut lalu saring.
2. Setelah gula disaring beri tong cai, ebi yang sudah dihaluskan , cabe rawit yang sdh di uleg halus , bawang putih, masak sampai mendidih kmdn angkat, cuko siap disajikan dengan mpek2 . 

Selamat mencoba 

Nah ini adonan terakhir mpek2 
Nah ini cara membuat mpek2 kapal selam 
Nah ini hasil akhir nya tinggal di goreng dan dinikmati dengan cuko 
Nah ini penampakan mpek2 kapal selam
Ini mpek2 sdh di goreng ... 
Nah ini cuko mpek mpek nya 

2 comments: