Thursday, October 24, 2013

Resep Tahu Isi atau Gehu ala maya kitchen

Habis dari dokter gigi anter ci bungsu , gw punya niat buat bikin tahu isi alias gehu kl kata orang jawa barat mah , awal gw kenal nama gehu waktu pertama kali gw pindah dari Jakarta  ke Tasikmalaya , cerita dikit nya : awal kepindahan gw ke Tasik karna ikut bokap yang ditugas kan disana , wah bener2 lucu banget pas pindah ke tanah sunda ( pdhl gw asli sunda ) gw itu nggak bisa bahasa sunda sama sekali biar kata bonyok gw asli sunda tapi mereka nggak pernah berbahasa itu sehari2 nya , wal hasil gw tergagap2 ama itu bahasa dan yang paling nyebelin buat gw yaitu gw dapat pelajaran bahasa sunda disekolah , bener2 bikin gw senewen kl pas pelajaran ini karna gw bener2 buta ampe kdng2 tiap ada pelajaran ini gw cuman berdoa semoga tuh guru nggak masuk ( weh jahat bgt nya doanya ... Hihihi) habis tiap kali ada nie pelajaran tuh guru seneng banget nyuruh murid nya  " Mengarang " ini kan bener2 mati kutu krn vokap gw ama nie bhs miniiiiiim bgt alias minimalis ...hihihi. Akhir nya kerjaan gw kl udah mengarang campur sari deh , bhs sunda and bhs indonesia dan hasil nya saudara2 super minim bgt ....hihihi ( nostalgia bgt ) untung nya di raport ama ijasah nggak merah  ( bersyukur bgt deh ) . Nah itu cerita gw tentang bahasa sunda ampe sekarang pun gw msh rada 2 suka binun kl bhs nya rada tingkat tinggi ( krn gw blajar dr teman2 doang , alias bhs preman ...hihihi) . Yang lucu pas anak gw SD di bdg yeah gw ketemu lg nie ama tuh bhs dan akhir nya dgn setengah susah payah gw hrs bisa blajarin anak gw bhs sunda dan gw akhirnya beli kamus bahasa sunda ..hihihi( pdhl org lbh byk beli  kamus bhs inggris ini gw beli kamus bhs sunda , tapi dgn ini semua vokap gw jd nambah ...hihi) .udah deh ceritanya sekarang qta kembali ke gehu , gehu ini sebutan  buat makanan org sunda tp kl dijkt disebut tahu isi atau tahu berontak , beda daerah beda jg panggilannya. Ternyata indonesia itu benar2 byk bahasa kuliner nya...😃👍. Semua orang pasti bisa buat nie tahu isi, krn mudah dan murah serta enak rasa nya, apalai kalau dimakan sama cabe rawit wah makyuuuus bgt bisa hbs beberapa biji tuh tahu nya . Nah sekarang qta mulai aja deh daripada kepanjangan cerita nya . 

Bahannya : 

4 buah  tahu putih  ukuran besar ( aku bagi 4 bagian tiap tahu nya , terserah kalian mau pake tahu apa) 

Untuk isiannya : 

Toge yg panjang secukup nya ( gw pake segenggam aja ) 
Kol secukup nya ( sekitar 5 lembar ) iris halus 
2 buah wortel potong korek api 
 2 batang daun seledri dan daun bawang iris halus 
Garam secukupnya 
1/2 sdm gula putih


Bumbu yang dihaluskan : 
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah 
1/2 sdt merica bulat 

Caranya : 
 Tumis bumbu yang dihaluskan sampai wangi or harum lalu masukkan wortel aduk rata lalu beri air kira2 50 ml ( biar wortel empuk ) aduk2 trs masak sampai wortel empuk dan matang , kmdn masukkan kol dan toge lalu aduk rata beri garam dan gula cicipi rasa nya kl sdh pas masak sampai sayuran layu dan air nya mengering kmdn angkat, matikan kompor dan sisihkan 


Tepung tuk pencelup nya / pelapis nya : 

250 gr tepung protein sedang or all purpose
1 sdm munjung tepung tapioka
1 sdt ketumbar 
4 siung bawang putih 
Garam  secukup nya 
 1/2 sdm kaldu bubuk rasa ayam ( optional ) 
400 ml air 


Caranya : 
Uleg ketumbar dan bawang putih sampai halus lalu campur ke dalam tepung ( terigu dan tapioka dicampur nya ) kmdn beri garam dan bubuk kaldu lalu masukkan air sedikit sampai didapat adonan yang sdkt cair ( tp tdk encer bgt nya ) kmdn sisih kan . 

Cara membuat tahu isinya 

1. Belah tahu menjadi 4 bagian dioganal lalu kerat tengah nya kmdn masukkan isian sayuran ( hati2 belah tahunya jgn sampai putus nya ) , sisihkan 
2. Panaskan wajan beri minyak biarkan minyak sampai panas, lalu masukkan tahu yg sudah diberi isian kedalam tepung pencelup kmdn goreng dengan api sedang lakukan sampai adonan hbs ,  masak sampai kuning kecoklatan setelah itu angkat dan tahu isi or gehu siap dinikmati sebagai teman minum teh sore or pagi hari dengan ditemani cabe rawit .... Hmhmhm sedap. Mertua lewat jg di cuekkin tuh ...hihihi. 



                       Selamat mencoba dan menikmati 

Nah ini penampakan tahu isi nya yg belum di balut tepung 

Nah ini hasil tahu isi yg sdh di goreng krenyes2 deh and eunak bgt ... Dilarang ngeces ... 😊


No comments:

Post a Comment