Tuesday, October 22, 2013

Resep Mie Ikan Bangka

Kali ini gw mau jalan2 ke daerah bangka sebenarnya di daerah ini byk kuliner yang enak2 lho seperti mpek2, asam manis ikan ( ini enak krn ada rasa pedas dan asam dr nanas nya ...hm jd inget wkt itu makan ini di warung diatas sungai pas menuju ke bangka ....hmhmhm jd ngeces ) dan masih byk lg deh tapi yang paling enak itu Terasi bangka wah itu mah enak bgt rasa nya apalagi kalau udh jd sambel terasi , wow muantap bgt deh...( jadi ngelantur ) nah kali ini gw mau bikin mie ikan ala bangka mnrt gw sih enak, seger dan muantap karna ada asem dr jeruk nipis dan ada taburan ikan nya nah buat temen2 yang belum pernah coba nie makanan coba deh bikin pasti ketagihan karna rasa nya yang bener2 seger banget apalagi sama dikasih sambel yg pedas wah makin mantep surantep deh..yuk qta mulai aja deh ( ini jajan kaya bakso cuman diganti sama ikan ) 


Bahannya : 

350 gr ikan makarel  or ikan tenggiri ( atau ikan apa aja deh ) ini aku dpt ikan makarel kecil2 dr Asia Grocery .
1 ibu jari jahe ( potong tipis jd 6 bagian trs digeprek ) 
1 batang daun seledri tuk taburan iris halus 
1 batang daun bawang iris halus 
Garam 
2 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis 
1/2 sdt vetcin
2 sdm gula putih
1 jeruk nipis ( ambil air nya saja nya ) 


Bahan yang dihaluskan : 

3 butir bawang merah
5 buah bawang putih
1 sdt merica bulat 

Pelengkapnya: 
Toge ( banjur dgn air panas ) 
1 buah mie instan ( lbh enak kl pake mie basah ) rebus 
Bawang goreng 
Emping 

Caranya : 

1. Rebus ikan dengan air ( 500 ml ) masak sampai matang, setelah matang angkat lalu ikan pisahkan dr duri nya kmdn giling , uleg sampai halus , setelah itu sangrai sampai coklat, angkat , sisihkan. 
( air rebusan ikan nya jgn dibuang dulu nya karna akan dipakai lg ) 

2. Tumis bumbu halus , kmdn masukkan jahe aduk rata lalu masukkan air rebusan ikan yang tadi ( aku pake 250 ml saja bisa 300 ml jg ) beri kecap asin, kecap manis , perasan air jeruk nipis , vetcin aduk rata, masukkan suwiran ikan yg tadi sdh diuleg, aduk rata , angkat , sisihkan . 

3.masak air sekitar 1500 ml air didihkan, setelah itu masukkan bumbu yang sdh ditumis tadi aduk rata biarkan sampai mendidih setelah itu masukkan irisan daun seledri , cicipi rasa nya kl ada yg msh krng boleh ditambah lagi deh bumbu nya ( sesuaikan saja dengan taste msng2 ) . 

4.Penyajiannya :  ambil mangkuk lalu susun mie, toge , bawang daun , bawang goreng kmdn banjur dengan kuah ikan nya dan beri tetesan air jeruk limo ( biar tambah seger ) dan sambel cabe rawit , wah muantap deh.... Met mencoba nya kawan. 

Nah ini tampang mie ikan bangka ... Seger dan makyus

No comments:

Post a Comment