Sunday, October 27, 2013

Resep Martabak Ketan Hitam pandan

Hari minggu di bulan oktober akhir bulan ini gw kepikiran pingin bikin martabak isi ketan hitam , beneran gw blm pernah nyobain nie martabak manis yang isi nya ketan hitam dulu zaman di Indonesia nggak pernah punya niat buat nyobain tuh martabak isi ketan hitam  kaya nya dulu nggak tertarik banget deh, dan kebetulan gw jg tdk terlalu suka sama martabak manis ( mungkin karna terlalu manis kali nya ) gw kl ditawarin beli martabak pasti milih nya martabak telur , nah kebetulan hari sabtu kmrn gw habis merendam beras ketan hitam yang gw mau bikin tepung nah kebenaran bgt ada sisa nya sdkt  jadi deh ke ide an buat bikin martabak isi ketan hitam.... Ternyata enak bgt nya martabak isi ketan hitam ini ( baru deh ngerasain , apalagi lgs buatan sendiri , ampe habis 2 potong ( ini nggak tahu laper or nafsu makan nya tinggi ... Hihihihi) beneran enak dan makyus banget apalagi gw pakein warna pandan hijau jd makin sedeeeeep ( promosi bgt nya , maaf aja kl ada yg ngeces ...hihihi) , yuk deh buat yang pingin bikin nie martabak monggo di intip resep nya  ( oh iya aku dpt resep ini dr blog diajar masak ) 


Bahannya : 
Bahan A 
125 gr tepung terigu all porpuse ( protein sedang ) 
25 gram gula putih 
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam 
175 ml air putih 

1/2 sdt ragi instan ( yeast ) 


Bahan B : 

2 butir telur 
25 gr gula pasir
1 sdt pasta pandan


1/8 sdt soda kue 

Bahan tambahan tuk taburan 

Gula pasir 
Mentega / butter tuk olesan 

Resep ketan hitam nya : 

125 - 250 gram ketan hitam ( gw pake 250 krn sisanya segitu eh ternyata kebanyakan ...hihihi) beras ketannya direndam dulu nya semlman setelah dicuci bersih .
100 ml air 
1 lbr daun pandan
1 sdt garam 

Bahan unti kelapa nya : 

200 gram kelapa parut kasar ( aku pake yang sdh diparut aja , muales soalnya ..hihihi) 
1 lbr daun pandan
1 sdt garam 
50 ml air 
50 gr gula putih 

Caranya : 

1. Ketan hitam yang sdh direndam lalu kukus slama 20 mnt , selagi mengukus masak air yang 100 ml beri pandan, garam kmdn ketan hitam yg sdh di kukus masukkan kedlm air yang mendidih aduk2 rata biarkan sampai air nya hbs ( ky aron aja ), matikan kompor  kmdn   kukus kembali ketan hitam selama 30 menit  sampai matang , angkat , sisihkan 


2. Tuk membuat untinya , campur kelapa, pandan, garam , gula dan air aduk2 rata , masak sampai tdk ada air nya lalu angkat , sisih kan. 


3. Campur bahan A semuanya ( kecuali ragi nya ) mixer dengan kecepatan sedang sampai kental setelah kental masukkan ragi , aduk rata dengan spatula lalu diamkan selama 2 jam ( aku tadi lbh karna aku tinggal buat jalan2 .. Hihihi) ini nanti akan timbul buih2 . 

4. Kocok lepas telur dengan gula sampai larut ( soda kue jangan di ikut sertakannya ) pake garpu saja kemudian masukkan kedalam adonan A yang sdh didiamkan tadi aduk rata dengan spatula lalu beri pasta pandan hijau . Sisihkan .

5. Panaskan cetakan martabak kmdn olesi margarine gunakan api kecil saja nya setelah panas kmdn adonan beri soda lalu aduk rata , kmdn masukkan kedlm cetakan setelah itu goyang2 kan agar didapat pinggiran2 nya nanti hasilnya , biarkan sampai keluar gelembung2 nya setelah keluar semua gelembung2 ( pori2 nya ) kmdn beri taburan gula secukupnya kmdn tutup dengan tutup panci biarkan sampai matang , setelah atas nya matang , matikan kompor angkat martabak simpan di talenan lalu potong menjadi dua dlm keadaan msh panas beri olesan margarine or butter lalu beri ketan hitam dan unti kelapa lalu tutup dengan adonan satu nya. Nah martabak siap dihidangkan . Makyuuuus deh . 

Met mencoba dan menikmati . 

Nah ini hasil nya diliat dr samping

Makyus bgt nie martabak ... Mau pesan boleh ... 😊

No comments:

Post a Comment