Thursday, October 10, 2013

Resep Cheese Cake

Waktu padahal udah sore sekitar jam 4 pm tapi gw lg niat buat bikin cemilan sore buat nemanin minum kopi or teh hangat , soalanya niat nya udah dari kmrn ( mana udh ngumpulin sisa2 pinggiran roti dari kmrn jadi dengan modal nekat akhirnya gw turun jg ke dapur tercinta buat melaksanakan pembuatan cemilan ini dan waktu yg diperlukan dari persiapan sampai selesai hanya butuh waktu 30 menit deh , apalagi bahan2 nya sdh ada semua kecuali sour cream pas diliat busuk jadi terpaksa lari dulu ke Cars buat beli nie sour cream ( kl nggak jd lg bikin bisa2 tingkat males gw dtng ... Hihihi) , nah ini kl mau bikin resep nya dibawah , oh iya resep ini aku dapat dr group dapur bingung ( mba yati winfield, makasih mba udh share resepnya ) seru jg masuk group dapur bingung segala jenis masakan byk dan bikin ngakak serta jd byk kenalan dimana2 ( asyik deh tambah teman ) . Oh iya jd lupa mau nulis resep nya ... Hihihi


Bahannya : 

100 gr pinggiran roti ( ini aku panggang di oven sampai kering  dan keras tp jgn hangus nya ) 
50 gr butter dicairkan 
 

Filling nya : 

250 gr cream cheese ( room temperaturnya ) 
2 butir telur ( kl uk. Nya kecil 2 tp kl yg besar cukup 1 saja ) / large egg ( room temperatur) 
100 gr gula pasir halus ( granulated white sugar) 
1/2 sdt vanila cair 
1/4 sdt garam / salt
1/2 sdt air lemon
60 ml sour cream 

Ini dapat 10 cup cetakan cup cake

Caranya : 

1. Crust : roti yang sdh di toasted kmdn dipotong kecil2 kmdn diblender sampai halus , setelah itu campur dengan butter cair trs aduk rata. 
2. Ambil cetakan cup cake beri paper cup lalu masukkan satu sdm crust yg sdh dicampur mentega kmdn tekan2 lakukan sampai adonan hbs. 
3. Kmdn tutup dgn plastik warp cetakan cup cake td kmdn simpan dlm lemari pendingin selama 30 menit. 
4.  Filling aduk creame cheese  ( aku pake mixer dgn speed sedang ) hingga lembut dan  cremmy kmdn mskkan  gula sedikit2  (aku msh pake mixer  ) setelah tercampur lalu masukkan telur satu persatu ( beri jeda wkt ) aduk rata dgn mixer  beri vanila dan air lemon dan garam aduk rata dgn  mixer lalu terakhir beri sour cream aduk balik sampai rata dengan menggunakan spatula karet. 
5. Setelah itu tuang adonan kedlm paper cup yg sdh diberi crust tadi, panggang dengan suhu 150 C or 302 F ( aku pake 305 f ) selama 25?menit , pastikan tekstur permukaan cheese cakelembut dgn ditengahmya akan terasa empuk , olesi lemon crurd ( aku nggak pake ) atau dengan frosting sesuai selera ( aku pake coklat ) . Selamat mencoba.

Nah ini creeme cheese yg mau masuk oven
Kl yg ini creeme yg sdh jd penampakan dr samping crust dr sisa pinggiran roti
Hasil akhir dr creeme cheese ternyata lembut dan yang pasti eunaaaak bgt. ( boleh pesan kl ada yg mau ... 😀) 

No comments:

Post a Comment