Thursday, October 24, 2013

Resep Pastel Mini Isi Abon Renyah

Kemarin habis pulang ngejazz gw langsung masuk dapur krn mau menyelesaikan tugas yg tertunda ...gaya deh, tadi sebelum berangkat ngejazz gw lagi bereksekusi dengan pembuatan tempe dan mau menjemur ketan hitam nah jd pas udah ngejazz langsung aja menyelesaikan tugas tersebut , semoga saja tempe nya jadi dan gw bisa bikin keripik tempe yang gw pingin udah lama banget , kalau mau bikin keripik tempe pake tempe di sini pasti  Bad bgt krn tempe nya tdk cocok banget buat bikin tuh keripik mana lagi yang rasa tempe nya anyeup, nah setelah 2 tugas itu selesai gw jg punya niat buat bikin pastel mini isi abon sebagai cemilan sore hari sambil minum teh biasa nya ini kegemaran suami ( mumpung lagi mood banyak jd sekalian aja eksekusi nya ... Hihihihi) tp pas buat nie pastel rada sebel jg karna menggiling nya kudu berkali2 mana lagi belum adonan nya kdng2 jadi keras karna kelamaan di luar ...hihihi tapi secape apapun kl hasilnya enak dan disukai ama keluarga kecil ku ya tetap dilaksanakan dan jd Happy banget and hati berbunga2 ( walah kaya lagu nya uci bing slamet ...😃) ya itulah kebahagian seorang ibu dan istri kl memasak dan disukai semua anggota keluarga, walau lelah tapi tetap bahagia .... 


Bahannya : 

150 gram tepung terigu all porpuse ( tepung serba guna or protein sedang ) 
1 butir telur ( kl telur nya kecil bisa pake 2 nya dan tergantung dari jenis tepung nya ) 
1 sdm air es 
1/4 sdt garam 
25 gram margarine 
Minyak goreng 
Abon secukupnya untuk isi 

Caranya : 

1. Campur tepung terigu, telur , garam dan margarine , air es lalu aduk2 dengan menggunakan jari2 tangan ( jangan diulenin ) nanti adonan akan berbentuk seperti pasir , berbutir2 halus  ( enaknya pake alat buat bikin pie jd nggak perlu pake tangan tp kl nggak punya bisa pake jari2 tangan ) .

2. Setelah itu simpan adonan dalam  lemari es krng lbh 15 menitan deh . 

3. Kmdn keluarkan adonan dr kulkas lalu giling dengan penggilingan mie lakukan berkali2 supaya didapat adonan yang mulus ( gw lupa ngitung ) gw mulai menggiling dengan menggunakan nomer yang terkecil yaitu nomer 1 ( aku nggak tahu apa penggilingan mie yg lain sama  nomer nya maksudnya kl no 1 itu tebal , jd tergantung penggilingan masing2 nya ) setelah didapat adonan yang mulus baru aku mulai menipiskan kembali adonan dengan menggunakan nomer 6 ( ini nomer terakhir di penggilingan gw ) setelah itu baru qta potong bulat dengan menggunakan cutter cookies , sisihkan lakukan sampai adonan habis . 

4. Kemudian ambil 1 adonan yg sdh qta potong bulat lalu isi dengan abon ( 1/2 sdt aja ) lalu kita lengkatkan satu sisi dengan sisi yang lain nya lalu kita pilin pinggirannya , lakukan sampai adonan hbs . 

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng pastel dengan api sedang aja masak sampai kuning keemasan ( aduk2 nya biar matangnya merata ) setelah itu angkat dan sajikan . Selamat mencoba 

Nah ini alat tuk mengaduk adonan dan alat potong adonan

Ini hasil adonan terakhir 

Eng ing eng ini hasil nya renyah bgt ... 

1 comment:

  1. Spinner sangat membantu bagi pelaku usaha olahan makanan gorengan seperti kripik buah, kripik umbi-umbian, kripik pisang, kripik tahu, kripik tempe, abon dan lain-lain.

    Kandungan minyak yang tinggi dari makanan yang digoreng tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha makanan, sehingga makanan tersebut cepat tengik dan otomatis tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini seringkali terjadi pada makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi atau penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang - ulang.

    Manfaat spinner (peniris minyak)
    1. Mengurangi kadar minyak pada makanan gorengan
    2. Dapat juga digunakan untuk mengurangi kadar air pada produk tertentu, misal : bahan baku yang dicuci dan ingin cepat kering
    3. Dapat meningkatkan kualitas produk makanan lebih tahan lama (tidak cepat tengik)
    4. Baik untuk kesehatan yaitu menurunkan kolestrol dalam darah akibat dari makanan yang goreng tersebut.

    langsung saja kesini http://www.indahmesin.com/produk-mesin/spinner

    ReplyDelete