Tuesday, October 1, 2013

Resep Bolu Gulung Ekonomis

Udah lama banget setelah lebaran, gw nggak pernah lg baking hbs bosen ky nya kena blue baking... hihihi. Tapi kemarin walau badan belum fiit banget dari sakit ( sempat terkapar 2 hari karna tiba2 badan demam tinggi trs menggigil , ntah knp tp mnrt teman2 suami memang sedang ada wabah yg disebabkan serangga yang tiba 2 bikin tubuh qta demam lalu meriang ) tapi gw pingin banget sama kue bolu gulung ( entah knp ky org ngidam aja ) mungkin kl di indonesia tinggal pergi ke toko kue nah kl di negara orang hrs bikin sendiri ( hikhikhik ) akhir nya walau badan msh rada2 puyeng tetap pergi jg ke dapur buat meluluskan keinginan mencicipi nie kue , pdhl bener2 gw blm pernah bikin ini kue dan tingkat kegagalan nya bikin gw takut bgt tapi akhir nya dicoba jg dengan melihat you tube dan mencari2 resep yg tdk pake telur byk ( krn msh pemula ) akhir nya pilihan jatuh sama resep bunda Nadhifa ( aku emang paling cocok ama resep kue2 bunda , makasih nya bunda ... Sksd bgt nya gw ) 
Yuk qta mulai aja sapa tahu ada yg pingin bikin juga , ini bolu gulung ekonomis krn pake telur nya sedikit . Bolu ini ternyata disukai suami dan anak bungsu ku. Bolu ini lembut dan pasti nya enak.😃👍

Bahannya : 
6 telur seantero ( ini aku pake yg udh disuhu ruang lbh bagus pake telur yg fresh mnrt resep bunda dimana putih telur telur msh kental dan kuning telur msh utuh dan bagus ) 
90 gr gula halus ( gula kastor ) 
1 sdm emulsifer ( gw pake tbm ) 
70 gr terigu protein sedang ( aku pake all porpuse ) 
10 gr maizena 
10 gr susu bubuk 
1 sdt vanila essense ( gw pake vanila bubuk hbs nggak punya vanila susu merk L' Aroma ) 
125 gr mentega ( ini gw campur butter sama mentega USA , ky enak pake blue band deh ) 

Caranya : 

1. Siapkan loyang kebetulan uk . 30#30# 4 ( gw lupa kmrn pake loyang brp nya pokoknya seadanya dirmh deh , hihihi, ) trs olesi dasar nya dengan mentega ( gw pake yg disemprotkan butter cooking ) kmdn alasi dengan kertas roti , lalu semprotkan lagi diatas kertas roti dengan butter cooking or mentega . 

2. Ayak terigu, maizena dan susu lalu campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair . Kmdn kocok dengan mixer dengan speed yg tinggi hingga mengembang , kental dan putih ( cek kekentalan nya dengan mengangkat mixer adonan akan jatuh perlahan , tdk encer ) 

3. Setelah itu masukkan mentega cair , aduk balik dengan spatul karet hingga rata seluruh nya. 

4. Terakhir setelah itu adonan tuang kedallam loyang, ratakan permukaannya trs panggang dlm oven dengan panas 200 C ( 392 F , kl aku pake 395 f ) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila di sentuh. 

5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan . Beri filling sesuka nya ( gw kmrn pake selai strawberry aja ) kmdn gulung ( sebaiknya pemberian selai bagian depan dan belakang dikasih space agar selai tdk belepotan nanti nya pas di gulung ) . 


Note :  jika menggulung bolu ini sebaik nya dlm keadaan tdk terlalu panas tapi sdh sdkt dingin agar tdk lengket. Pada saat diangkat dr loyang bolu dibalikkan pada kertas roti yg baru ( agar tdk lengket ) kmdn pindah kan lg ke rak kue biarkan sampai hangat kuku lalu simpan kembali pada kertas roti yg tadi kmdn bei filling baru deh digulung dgn cara menarik kertan roti nya.  Selamat mencoba , kl males boleh pesan ke aku kok... Hihihihi. 
====tuk membuat motip batik nya aku ambil beberapa sendok makanan adonan lalu beri pasta coklat kmdn aku tarik garis lurus dr ujung ke ujung lalu aku tarik tuk jd batik dgn tusuk gigi. 

Membuat butter cream : 

Mentega putih or tawar ( gw kira2 aja lupa diukur)
Susu kental manis ( kira2 jg ) 

Caranya : 
Kocok mentega putih dgn mixer sampai lembut setelah itu masukkan susu kental manis kocok kembali dgn speed sedang aja sampai tercampur rata setelah itu matikan mixer, butter cream siap di gunakan . 


Ini setelah digulung motif batik nya lumayan deh 
Nah ini tampak depan setelah dipotong2
Tampak samping hasil potong2 nya 
Nah ini bolgul buttercream keju caranya sama dengan diatas hanya butter nya aku ganti demgan blueband

No comments:

Post a Comment